Diskominfosantik Kabupaten Bekasi Optimalkan KIM Dalam Penyebarluasan Informasi

Diskominfosantik Kabupaten Bekasi Optimalkan KIM Dalam Penyebarluasan Informasi
KIM : Diskominfosantik Kabupaten Bekasi gelar sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Hotel Grand Zuri, Cikarang Selatan, Rabu (26/07/2023).

Diskominfosantik Kabupaten Bekasi Optimalkan KIM Dalam Penyebarluasan Informasi

BEKASI – JABAR || KABARNUSA24.COM

Sekretaris Dinas Kominfosantik Kabupaten Bekasi, Ade Komarudin menilai, peran serta Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kabupaten Bekasi saat ini memiliki potensi yang dapat dimaksimalkan untuk membantu Pemerintah Daerah merespon masukan dan keluhan yang disampaikan masyarakat.

“Hari ini, kami berupaya memfasilitasi KIM yang berada di Kabupaten Bekasi agar dapat bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Bekasi yang notabene memiliki kegiatan pembangunan yang cukup padat. Mengingat di satu sisi, (KIM ini memiliki potensi yang diharapkan dapat membantu kita dalam penyebarluasan informasi terkait hasil-hasil pembangunan kepada masyarakat,” ujar Ade Komarudin usai kegiatan Saresehan Kelompok Informasi Masyarakat, di Hotel Grand Zuri Jababeka (26/07/2023).

Sementara itu, Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfosantik, Rhamdan Nurul Ikhsan menyampaikan, KIM yang terdiri dari aktifis serta penggiat informasi dari berbagai kalangan, dinilai dapat lebih memahami isu yang tengah terjadi dimasyarakat.  Untuk kemudian disampaikan kepada Pemerintah Daerah sebagai bahan pertimbangan dalam memutuskan kebijakan yang akan dilakukan.

“Eksistensi KIM dalam penyebarluasan informasi, edukasi, serta literasi kepada masyarakat sebenarnya sudah sejak lama, namun pergerakannya tidak teroganisir. Melalui kegiatan hari ini, kami coba satukan, kami kumpulkan para kelompok tadi untuk membentuk suatu wadah di tingkat Kabupaten sebagai jembatan informasi kepada masyarakat,” ungkapnya.

Melihat agenda besar di tahun 2024 mendatang, Rhamdan menyebutkan, melalui sinergi yang baik antara Pemerintah Daerah bersama Kelompok Informasi Masyarakat diharapkan dapat mensukseskan Pemilu dengan penyebarluasan informasi yang benar kepada masyarakat.

“Karena Diskominfo ini sebagai salah satu dinas yang ditugaskan memberikan informasi, terutama terkait Pemilu. Kita berharap KIM dapat menjadi mitra Pemda untuk memberikan informasi dan pemahaman terkait pemilu 2024,” katanya.

Rhamdan menambahkan melalui fasilitasi yang diberikan hari ini, diharapkan dapat terwujud wadah di tingkat Kabupaten agar secara pelaksanaan program kerja, penyebarluasan informasi dari Pemda dapat melibatkan rekan-rekan dari KIM.

Senada dengan hal tersebut, Ahmad Djaelani selaku narasumber kegiatan ini, mengapresiasi upaya Diskominfosantik Kabupaten Bekasi dalam merangkul serta menghimpun para penggiat informasi. Mengingat kondisi KIM di Kabupaten Bekasi sendiri saat ini sudah ada namun berjalan sendiri-sendiri.

“Selain mendorong kelompok informasi masyarakat agar lebih masif terbentuk tidak hanya di tingkat kabupaten namun juga ditingkat desa, selanjutnya dengan Kelembagaan secara organisasi tersebut, tentunya memberikan kemudahan dalam menjalankan fungsi penyampaian informasinya bekerjasama dengan dinas juga lembaga terkait lainnya,” tandasnya.

 

Sumber : Diskominfosantik Kabupaten Bekasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *