Gaya Hidup

Yuk Kenali Tipe Love Language, Agar Hubungan Semakin Awet

2
×

Yuk Kenali Tipe Love Language, Agar Hubungan Semakin Awet

Sebarkan artikel ini
Yuk Kenali Tipe Love Language, Agar Hubungan Semakin Awet
Sumber Foto : Ilustrasi Pinterest

Kabarnusa24.com Love Language atau bahasa cinta tidak hanya berlaku untuk hubungan romantis saja, tetapi juga berlaku untuk hubungan persahabatan dan keluarga. Namun, setiap orang memiliki bahasa cinta yang berbeda-beda. Jika kebutuhan love language tidak terpenuhi, seseorang biasanya akan merasa tidak dicintai dengan baik. Untuk itu setiap orang perlu mengetahui love language masing-masing, agar bisa memahami satu sama lain.

Apa itu love language?

Love language adalah cara kita mengekspresikan rasa cinta kepada orang lain. Selain itu love language juga menggambarkan apa yang kita butuhnkan dalam suatu hubungan dan bagaimana cara kita menerima cinta dari orang lain. Jadi tidak heran kalau love language terbagi menjadi beberapa tipe sesuai dengan kepribadian setiap orang. Dilansir dari YouTube SKWAD Health berikut tipe-tipe love language, yaitu :

  1. Words of affirmation

Bagi orang dengan tipe love language ini kata-kata memiliki makna yang lebih mendalam. Bahkan bagi seseorang dengan tipe love language ini kata-kata lebih berarti dibanding aksi nyata. Ungkapan kasih sayang seperti : I love you, aku bangga padamu, atau sekedar ucapan terimakasih akan sangat berarti untuk orang dengan tipe love language ini. Tidak heran jika pemilik love language world of affirmation sangat menyukai pujian, apresiasi, dan kata-kata penyemangat. Sementara kata-kata kasar dan tidak mengenakan bisa memberikan efek yang lebih buruk. Jadi untuk menunjukan rasa sayang pada orang dengan tipe love language ini bisa diungkapkan lewat pesan manis dan mendalam, yang bisa disampaikan melalui chat, telpon, atau video call.

  1. Quality time

Seseorang dengan tipe love language ini senang menghabisakan waktu dengan pasangan atau orang terdekatnya. Pemilik love language ini merasa paling dicintai saat orang terdekat meluangkan waktu bersamanya. Misalnya dengan melakukan aktifitas bersama seperti makan malam, nonton film atau sekedar melakukan aktifitas sehari-hari tanpa gangguan. Tipe love language ini juga mengedepankan komunikasi yang baik. Saat bersama orang terdekatnya, seseorang dengan tipe love language ini dapat berbagi hal yang dialaminya seperti ngobrol, bercanda, sampai membicarakan hal yang serius. Pastikan untuk mendengarkan dan memberikan perhatian penuh saat bersama dengannya. Jangan sampai menunda atau membatalkan rencana tanpa menggantinya, karena hal itu dapat membuat seseorang dengan tipe love language ini merasa sangat kecewa.

  1. Physical touch

Tidak sedikit orang yang merasa dicintai dan bahagia berkat sentuhan hangat dari orang yang dicintai. Bagi seseorang dengan tipe love language ini mengungkapkan dan menerima cinta melalui kontak fisik merupakan hal yang penting. Sentuhan fisik seperti memeluk, memegang tangan, atau mengelus rambut merupakan cara untuk terkoneksi dengan orang terdekatnya. Tidak heran jika seseorang dengan tipe love language physical touch menunjukkan rasa sayangnya dengan sentuhan fisik. Ternyata sentuhan fisik diwaktu yang tepat bisa memberikan kehangatan, keamanan dan kasih sayang. Meskipun demikian untuk menyentuh orang lain, harus tetap meminta ijin terleih dahulu ya.

  1. Acts of service

Tipe love language acts of service sangat menghargai usaha atau aksi nyata yang dilakukan oleh orang lain. Seseorang dengan tipe love language ini akan merasa paling dicintai saat seseorang melakukan sesuatu untuk memudahkan aktifitasnya dan membuat hidupnya lebih nyaman. Begitupun sebaliknya, mereka juga sangat senang melakukan hal-hal yang dapat meringankan beban orang lain. Untuk memberikan perhatian pada pemilik love language acts of service dapat dilakukan dengan cara menawarkan bantuan atau melakukan sesuatu tanpa diminta, misalnya : membuatkan secangkir kopi, menemani dan mengantarkan kemanapun mereka ingin pergi, atau hal lainnya yang menunjukkan perhatian tersendiri.

  1. Receiving gift

Seseorang dengan tipe love language ini merasa dicintai saat menerima hadiah dari orang terdekatnya. Tidak melulu tentang hadiah yang mahal, namun makna dan upaya di balik pemberian hadiah membuat orang dengan tipe love language receiving gift merasa bahagia. Untuk menunjukkan rasa kasih sayang ke orang dengan tipe love language ini misalnya dengan memberikan camilan kesukaannya, skincare, bunga, atau album berisi kenangan dari awal pertemuan hingga saat ini.

Pada dasarnya setiap orang membutuhkan 5 tipe love language tersebut, namun presentase kebutuhan love language bisa berbeda. Dengan mempelajari love language dapat membantu untuk memastikan bahwa kebutuhan dan keinginan dalam suatu hubungan terpenuhi. Jika pasangan atau orang terdekat melakukan sesuatu yang kita suka jangan lupa untuk membalasnya dengan hal-hal yang mereka sukai juga.

Sumber : Youtube SKWAD Health

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *