Bahaya Langsung Tidur Setelah Makan

Bahaya Langsung Tidur Setelah Makan
Sumber Foto : Ilustrasi Pinterest

kabarnusa24.com Beberapa orang memilih untuk langsung tidur setelah makan, karena setelah makan sering membuat rasa kantuk melanda. Namun kebiasaan buruk ini tidak dianjurkan secara medis. Hal ini dikarenakan tidur setelah makan dapat memicu munculnya beberapa penyakit yang mengganggu bahkan membahayakan kesehatan. Sebagai informasi, bahwa kebiasaan tidur setelah makan dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Makanan tinggi kalori dan karbohidrat adalah makanan yang dapat menimbulkan rasa ngantuk.

Dilansir dari YouTube Oke Clean berikut bahaya yang ditimbulkan jika seseorang langsung tidur setelah makan, diantaranya:

  1. Meningkatkan berat badan

Dampak buruk langsung tidur setelah makan adalah karena berresiko meningkatkan berat badan. Jika seseorang langsung terlelap setelah makan malam, tubuh tidak akan memiliki cukup waktu untuk membakar kalori dalam makanan. Kalori yang tidak terbakar, akan menumpuk di dalam tubuh dan menjadi timbunan lemak. Padahal kebanyakan jenis cemilan di malam hari mengandung banyak kalori, seperti : mi instan, gorengan, atau makanan manis.

  1. Menurunkan kualitas tidur

Saat seseorang merasa pusing ketika bangun tidur, ini bisa jadi karena kebiasaan langsung tidur setelah makan. Dampak negatif langsung tidur setelah makan, karena dapat menurunkan kualitas tidur. Perlu diketahui tidur berkualitas penting untuk menjaga kebugaran sepanjang hari, menjaga daya tahan tubuh, hingga mengontrol suasana hati. Orang yang langsung tidur setelah makan biasanya sulit tidur nyenyak di malam hari. Ini disebabkan oleh kondisi perut tidak nyaman karena makanan belum tercerna sepenuhnya.

  1. Memicu penyakit diabetes

Peningkatan berat badan berkaitan erat dengan penyakit diabetes. Hal ini terjadi karena langsung tidur setelah makan dapat menyebabkan penumpukan lemak di dalam tubuh khususnya perut. Lemak pada perut ini berbahaya dan berhubungan dengan resistensi insulin yang mengganggu metabolisme gula. Jika hal ini terus menerus menjadi kebiasaan maka bisa menungkatkan resiko terkena diabetes atau penyakit gula darah.

  1. Menyebabkan gangguan pencernaan

Ketika seseorang langsung tidur setelah makan, asam lambung dari perut rawan naik ke kerongkongan. Hal ini bisa menyebabkan rasa mulas, nyeri di bagian dada atau perut, mual, hingga sakit tenggorokan. Kebiasaan langsung tidur setelah makan juga bisa menyebabkan sakit perut atau yang sering disebut dengan dispepsia.

  1. Meningkatkan risiko stroke

Menurut sebuah studi di University of Ioannina Medical School, Yunani, tidur sehabis makan dapat meningkatkan risiko stroke. Diperkirakan hal ini terjadi karena asam lambung  yang naik ke kerongkongan yang dapat memicu  henti nafas saat tidur.

Untuk menghindari bahaya tersebut ada baiknya seseorang makan antara 2-3 jam sebelum tidur.

 

Sumber : YouTube Oke Clean

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *