Bisnis  

Buka Peluang Baru, TikTok Gandeng Telkom gelar Acara Jalin Nusantara Jogja untuk Bekali UKM Lokal dengan Keterampilan Digital

Buka Peluang Baru, TikTok Gandeng Telkom gelar Acara Jalin Nusantara Jogja untuk Bekali UKM Lokal dengan Keterampilan Digital

Tiktok berkolaborasi dengan Telkom Indonesia, kemenparekraf dan platform sosial Indonesia gelar acara Tiktok Jalin Nusantara untuk mendapatkan bekal pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni untuk memanfaatkan platform digital secara maksimal dalam mengembangkan bisnis mereka.

Di era digital yang kian maju pesat ini, kemajuan teknologi bagaikan gerbang baru yang membuka peluang luas bagi berbagai pihak, termasuk Usaha Kecil & Menengah (UKM). Memahami potensi besar ini, TikTok Indonesia berkolaborasi dengan Telkom Indonesia melalui Program Indigo, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Platform Sosial Indonesia untuk meluncurkan program TikTok Jalin Nusantara Jogja. 

Program ini hadir sebagai bentuk komitmen dalam mendukung akselerasi pengembangan UKM Jogja. Melalui pelatihan intensif selama lebih dari 1 bulan, para pelaku UKM di berbagai kota di Jogja akan mendapatkan bekal pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni untuk memanfaatkan platform digital secara maksimal dalam mengembangkan bisnis mereka. Senior Manager Indigo Management, Patricia Gaspersz, memberikan pernyataan melalui kegiatan ini, Indigo mendorong UKM dapat memanfaatkan startup dan tools digital untuk terus berkembang.

Berlangsung dari 14 Mei hingga 10 Juni 2024 di IndigoHub Jogja, TikTok Jalin Nusantara Jogja menghadirkan pelatihan intensif bagi para pelaku UMKM. Program ini bertujuan membekali UKM dengan pengetahuan dan keterampilan untuk mengembangkan bisnis di era digital, termasuk fundamental bisnis, keuangan & legalitas bisnis, dan optimasi platform TikTok.

Image

Selain pelatihan, program ini juga menyediakan monitoring, mentoring, dan Festival TikTok Jalin Nusantara Jogja, yaitu bazar UKM yang diikuti oleh para peserta program. Dukungan dari Indigo melalui berbagai opsi portfolio startup Indigo diharapkan dapat  mempermudah proses bisnis UKM secara digital.

“Kami berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh untuk mewujudkan UKM yang berdaya di Jogja dan sekitarnya. Potensi besar yang dimiliki oleh UKM di Jogja, dengan produk-produk unik dan berkualitas, harus dioptimalkan untuk menembus pasar yang lebih luas. Oleh karena itu, kami akan menghadirkan berbagai program pendukung di berbagai tempat di Jogja dan sekitarnya,” ucap Bapak Bisma Jadimika, Direktur Industri Kelembagaan dari Badan Otorita Borobudur.

Pemerintah Yogyakarta turut mendukung penuh acara ini dengan menghadirkan platform SiBakul Jogja. Platform digital ini menawarkan berbagai layanan yang fleksibel dan mudah diakses, dengan tujuan membantu meningkatkan kapasitas dan daya saing para pelaku Usaha UKM di Yogyakarta. Hal ini disampaikan oleh Ibu Veronica Prativi, Kepala Bidang UKM Dinas Koperasi UKM DIY. Beliau menekankan bahwa sudah saatnya UMKM Jogja berbenah dan mencapai tingkat kesuksesan yang lebih tinggi.

Indigo (https://indigo.id/) merupakan program inkubator dan akselerator startup digital milik PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom). Sejak 2013, Indigo telah berhasil membina lebih dari 200 startup digital. Melalui program Indigo, Telkom berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia melalui beragam portofolio startup digital yang ada di Indigo untuk dapat bermanfaat bagi para komunitas UKM.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES