Bisnis  

Mengenal Cara Kerja Predefined Source dari Barantum, Bisa Tracking Campaign Marketing!

Mengenal Cara Kerja Predefined Source dari Barantum, Bisa Tracking Campaign Marketing!

Barantum adalah penyedia aplikasi CRM yang mampu membantu berbagai aspek manajemen dan hubungan pelanggan dalam satu sistem, termasuk dalam permudah melakukan promosi.

Baru-baru ini, Barantum yang merupakan salah satu penyedia aplikasi CRM terpercaya di Indonesia. Mereka memperkenalkan fitur baru bernama Predefined Source yang dirancang khusus untuk membantu Anda melacak efektivitas campaign marketing berdasarkan sumber leads.

Fitur ini membantu tim untuk melihat dari mana asal prospek dan bagaimana mereka berinteraksi dengan berbagai campaign yang dijalankan.

Dengan fitur Predefined Source, tim pemasaran dapat memantau kinerja campaign secara lebih akurat dan membuat keputusan yang lebih tepat berdasarkan data yang tersedia.

Mari mengulik lebih dalam tentang pengertian dan cara kerja fitur canggih ini untuk memahami bagaimana Barantum dapat membantu Anda mengoptimalkan strategi pemasaran.

Pengertian dan Cara Kerja Predefined Source

Predefined berasal dari 3 kata, yaitu kata pre yang artinya sebelum, defined yang artinya mendefinisikan, dan source yang berarti sumber.

Jadi, Predefined Source adalah fitur yang membantu pelaku bisnis untuk mendefinisikan atau menentukan sumber dari data pelanggan yang masuk sebelum data pelanggan tersebut benar-benar masuk sebagai prospek (leads) ke dalam CRM.

Contohnya, untuk iklan Google. iklan Meta, Email Marketing dan lain sebagainya.

Fitur ini membantu mengetahui sumber atau darimana pelanggan potensial tersebut berasal.

Cara kerja Predefined Source ini pun cukup sederhana, namun sangat efektif.

Ketika Anda menjalankan campaign marketing, setiap leads yang masuk akan diberi label berdasarkan sumber yang telah Anda tetapkan sebelumnya.

Sebagai contoh, jika leads datang dari campaign ads di Meta, maka mereka akan dilabeli sebagai “Meta Ads” sesuai dengan kata kunci atau teks yang sudah di-setting.

Begitu pula untuk sumber-sumber lainnya.

(Tampilan Predefined Source Pada Barantum, Sumber: Barantum.com)

Adapun cara kerja Predefined Source, yaitu:

1. Masuk ke setting BarantumChat > Settings > Predefined Source.

2. Tambahkan Predefined Source, lalu tentukan saluran yang digunakan, dan teks uniknya. Pastikan tiap kampanye memiliki teks yang berbeda.

3. Setelah itu, tentukan kolom apa yang ditargetkan dan isinya. Misal: Sumber Data: Email Marketing, iklan Google, atau iklan Meta.Kolom ini akan otomatis terisi jika ada pesan masuk dengan teks yang Anda tentukan sebelumnya dari saluran yang Anda pilih.

4. Selanjutnya, jika ada pesan masuk sesuai dengan teks unik yang telah Anda buat maka otomatis akan terdeteksi dari mana sumbernya.

Contoh:

Teks: “Hai, saya tertarik dengan produk X dan ingin informasi lebih lanjut.”

Set: Saluran: WhatsApp, Sumber Data: Email Marketing

Penjelasan: Jika ada pesan masuk pada saluran WhatsApp dengan teks “Hai, saya tertarik dengan produk X dan ingin informasi lebih lanjut.” maka kontak pelanggan tersebut akan otomatis tersimpan sebagai Email Marketing pada kolom Sumber Data di Barantum CRM.

Dengan fitur ini, Anda bisa menggunakan lebih banyak variasi CTA pada kampanye iklan Anda.

Misalnya menggunakannya untuk iklan Google dengan CTA WhatsApp yang ada pada website atau landing page Anda, CTA WhatsApp pada iklan Meta atau kampanye Email Marketing Anda.

Fungsi dan Penggunaan Predefined Source Untuk Bisnis

Predefined Source Barantum memiliki berbagai fungsi yang sangat bermanfaat bagi bisnis, terutama dalam hal tracking dan analisis campaign marketing.

Berikut beberapa fungsi utama dan cara penggunaan Predefined Source:

1. Widget WhatsApp di Website

Dengan memasang widget WhatsApp di website, Anda dapat memudahkan pengunjung untuk menghubungi tim penjualan atau layanan pelanggan Anda secara langsung.

Fitur Predefined Source akan melacak interaksi ini sehingga Anda tahu berapa banyak prospek yang datang melalui widget ini dan dapat mengevaluasi efektivitasnya.

2. Tombol WhatsApp di Website / Landing Page

Tombol WhatsApp yang ditempatkan di website atau halaman arahan (landing page) sangat efektif untuk mengkonversi pengunjung menjadi prospek.

Predefined Source membantu Anda melacak berapa banyak pengunjung yang mengklik tombol ini dan menghubungi tim Anda sehingga memberikan informasi tentang kinerja halaman web atau landing page Anda.

3. CTA WhatsApp pada Iklan Meta

Call-to-Action (CTA) WhatsApp pada iklan Meta (seperti Facebook atau Instagram) membantu mengarahkan prospek langsung ke WhatsApp Anda.

Dengan Predefined Source, Anda dapat melacak berapa banyak prospek yang datang melalui iklan ini sehingga Anda dapat menilai ROI (Return on Investment) dari campaign iklan di platform sosial media tersebut.

4. CTA WhatsApp pada Email Marketing

Menambahkan CTA WhatsApp pada email marketing membantu penerima untuk langsung menghubungi tim Anda melalui WhatsApp.

Predefined Source akan melacak klik pada CTA ini, membantu Anda memahami efektivitas email marketing dalam mengarahkan prospek dan meningkatkan engagement.

Menggunakan Predefined Source Barantum, bisnis Anda bisa mendapatkan insight yang lebih dalam tentang performa campaign marketing.

Ini membantu Anda tidak hanya dalam melacak sumber leads tetapi juga dalam mengoptimalkan strategi marketing.

Dengan demikian, Anda bisa mencapai target bisnis Anda dengan lebih efisien dan efektif.

Jika perusahaan Anda sedang mencari vendor CRM atau sedang dalam proses bingung memilih CRM yang tepat untuk perusahaan Anda.

Gunakan Barantum.com, dengan memiliki ulasan 4,9/5 dari 550+ ulasan pada Google Business mereka. Bisa menjadi pertimbangan Anda bahwa memang sudah banyak yang menggunakan Barantum dan puas dengan layanan mereka.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES