Daerah  

Pelantikan Pengurus Daerah PABPDSI di Kabupaten Lumajang

Pelantikan Pengurus Daerah PABPDSI di Kabupaten Lumajang

 

 

Lumajang,kabarnusa24.com.Sabtu,20/7/2024. Pengurus Daerah Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Lumajang dan Pengurus Kecamatan se Kabupaten Lumajang untuk periode 2024 – 2029 resmi dilantik dalam sebuah acara yang digelar di Pendopo Arya Wiraraja Lumajang.

Acara pelantikan ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Ketua Umum PABPDSI Lumajang, Hisbullah Huda, SH. MH. C.Med., yang juga menjabat sebagai Ketua IKADIN. Turut hadir juga ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Lumajang, yang di wakili oleh Hendrik Dwi Martono, juga sejumlah Forkopimda Kabupaten Lumajang, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Lumajang, Pengurus Provinsi PABPD Jawa Timur, Camat, Danramil,Kapolsek dan Kepala Desa serta sejumlah tamu undangan.

Kegiatan pelantikan ini dipimpin oleh Pengurus Provinsi PABPD Jawa Timur, Oetomo Sapto Amin.

Ketua Umum PABPDSI Lumajang, Hisbullah Huda, dalam sambutannya menyatakan komitmennya untuk memajukan peran serta desa dalam pembangunan daerah. “Kami siap bersinergi dengan semua pihak untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan merata di seluruh desa Lumajang,” ujarnya.

Hisbullah Huda, juga menambahkan BPD merupakan bagian dari sistem pemerintahan desa. Namun, realitanya partisipasi masyarakat desa masih minim sehingga peran BPD sebagai wakil masyarakat perlu ditingkatkan.
“Peran dan tupoksi BPD perlu ditingkatkan baik dilakukan dengan belajar otodidak maupunmelalui program pemerintah daerah ” ungkapnya

Ketua Pengurus Provinsi PABPD Jawa Timur menyampaikan, BPD memiliki sumber daya manusia yang mumpuni sehingga diharapkan bisa membawa pembangunan pemerintah desa yang lebih baik.

Oetomo meminta peningkatan kapasitas dan serta kenaikan tunjangan bagi BPD kepada leading sektor melalui pemerintah kabupaten Lumajang.

” Pengurus BPD banyak yang dari tokoh masyarakat sehingga harapannya bisa membawa pemerintah desa lebih baik ” ujar Oetomo.

Sekretaris Daerah Agus Triyono, Pemerintah kabupaten Lumajang memberikan selamat atas Pelantikan PABPD Kabupaten Lumajang. Pelantikan Pengurus Daerah PABPD menjadi momentum untuk membangun kabupaten Lumajang menjadi lebih baik.

” Pelantikan pengurus PABPD Lumajang ini menjadi memontum membangun desa berwasan sosial, ekonomi dan lingkungan ” ujar Agus Triyono.

Sementara itu, Hendrik yang mewakili ketua AKD Kabupaten Lumajang juga mengapresiasi langkah-langkah yang telah dilakukan oleh PABPDSI dan berharap sinergi yang baik akan terus terjalin demi kesejahteraan masyarakat desa.

Lebih lanjut, Pengurus yang baru dilantik diharapkan mampu mengimplementasikan program-program yang progresif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat desa. Dengan dukungan yang solid dari AKD dan pemerintah kabupaten, diharapkan Lumajang dapat terus berkembang menjadi contoh dalam pemberdayaan masyarakat pedesaan,” harap Hendrik.

Dengan dilantiknya pengurus PABPDSI Lumajang dan Pengurus Kecamatan periode 2024 – 2029, diharapkan akan membawa angin segar dalam pelaksanaan pembangunan di tingkat desa dan kecamatan di Kabupaten Lumajang.(D.S)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *