Berita

Pj. Wali Kota Cimahi Kukuhkan Paskibra Kota Cimahi Tahun 2024

7
×

Pj. Wali Kota Cimahi Kukuhkan Paskibra Kota Cimahi Tahun 2024

Sebarkan artikel ini
Pj. Wali Kota Cimahi Kukuhkan Paskibra Kota Cimahi Tahun 2024

Kabarnusa24.com

Penjabat Wali Kota Cimahi Dicky Saromi mengukuhkan 37 siswa-siswi SMA/SMK/MAN/ Sederajat menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kota Cimahi Tahun 2024 di Cimahi Technopark, Jumat (16/08). 37 anggota Paskibraka Kota Cimahi merupakan siswa-siswi terbaik yang dipilih melalui proses seleksi yang panjang dan transparan yang diimulai pada Februari 2024 lalu ini akan bertugas sebagai pengibar duplikat Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 Tingkat Kota Cimahi tahun 2024.

Pj. Wali Kota Cimahi Kukuhkan Paskibra Kota Cimahi Tahun 2024
Pengukuhan Paskibraka adalah sebuah upacara resmi yang menandai pengesahan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka sebagai petugas yang akan mengibarkan dan menurunkan bendera pada upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus.
Dicky menyebut bahwa pengukuhan Paskibraka Kota Cimahi ini merupakan bentuk komitmen yang kuat dari anggota Paskibraka sebagai muda mudi yang terpilih untuk mampu memikul tanggung jawabnya, “Ini merupakan bentuk komitmen yang kuat dari mereka sebagai muda mudi yang terpilih untuk mampu memikul tanggung jawabnya, juga merupakan bentuk komitmen yang kuat dari Pemerintah Kota Cimahi yang sudah mempercayakan kepada mereka, sehingga pelaksanaan nya nanti dapat dilakukan dengan baik dan lancar,” ungkapnya

Pj. Wali Kota Cimahi Kukuhkan Paskibra Kota Cimahi Tahun 2024
Menurut Dicky, akhirnya Paskibraka Kota Cimahi akan menjadi tauladan dalam menebarkan kebaikan dan patriotisme serta nasionalisme untuk terus menegakkan bendera merah putih di Bumi Pertiwi ini. Sehingga Ia berharap anggota Paskibraka dapat menjadi teladan bagi generasi muda lainnya serta masyarakat luas dalam menumbuhkan semangat nasionalisme dan kepemimpinan.
Dicky juga menyampaikan pentingnya pelatihan yang telah dijalani oleh para anggota Paskibraka sebelum pengukuhan. 37 orang anggota Paskibraka Kota Cimahi sebelumnya telah menjalani serangkaian pelatihan dan pendidikan, yang bertujuan untuk memantapkan ketahanan fisik maupun kesiapan mental demi suksesnya pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di Kota Cimahi. Selain pembinaan secara fisik, anggota Paskibraka Kota Cimahi juga menjalani penempaan secara mental untuk membangun sikap mental dan moral yang bertanggungjawab.

Pj. Wali Kota Cimahi Kukuhkan Paskibra Kota Cimahi Tahun 2024

Menurut Dicky tugas sebagai Paskibraka Kota Cimahi bukan hanya kebanggaan yang dirasakan saat ini, tetapi akan menjadi kenangan yang diingat seumur hidup. Selain itu, Ia juga mengingatkan bahwa nilai-nilai kepemimpinan dan patriotisme yang terbentuk selama proses ini harus terus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.
“Kalian yang saat ini masih dalam usia muda telah mendapatkan kepercayaan dan tanggung jawab yang cukup besar untuk mengibarkan Bendera Pusaka Merah Putih. Maka, jalankan lah tugas ini dengan sebaik-baiknya. Ini akan menjadi kebanggaan yang nanti akan kalian ingat sepanjang hidup,” pesannya.
Dalam upacara pengukuhan ini, para anggota Paskibraka akan mengucapkan ikrar atau sumpah di hadapan para pejabat negara, pelatih, dan keluarga. Pengukuhan ini juga menandai bahwa anggota paskibraka secara resmi dianggap siap menjalankan tugas mereka pada hari yang sangat penting tersebut. Selain itu, prosesi pengukuhan ini diisi dengan pemberian atribut, seperti lencana dan seragam resmi, sebagai simbol tanggung jawab besar yang mereka emban.

Fajarms

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *