Daerah

Inovasi Susu Bubuk Kambing Etawa, Kkn Itb Widyagama Buka Peluang Baru Bagi Peternak Di Desa Kandang Tepus

20
×

Inovasi Susu Bubuk Kambing Etawa, Kkn Itb Widyagama Buka Peluang Baru Bagi Peternak Di Desa Kandang Tepus

Sebarkan artikel ini
Inovasi Susu Bubuk Kambing Etawa, Kkn Itb Widyagama Buka Peluang Baru Bagi Peternak Di Desa Kandang Tepus

 

 

Lumajang, kabarnusa 24.com.Selasa,27/8/2024.– Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Widyagama telah berhasil menciptakan inovasi yang dapat mengubah nasib para peternak susu kambing etawa di Desa Kandang Tepus. Melalui serangkaian penelitian dan pengembangan dan percobaan mahasiswa KKN berhasil mengubah susu kambing etawa cair menjadi produk susu bubuk yang dapat bersaing di pasar lokal.

Selama ini, peternak susu kambing Etawa di Kandang Tepus hanya mengandalkan penjualan susu segar kepada pengepul atau pemasok kemudian di proses ke luar daerah. Namun, ketergantungan pada pasar lokal dan daya simpan susu yang terbatas menjadi kendala utama dalam pengembangan usaha mereka. Susu segar yang tidak tahan lama seringkali mengalami kerugian karena tidak terjual seluruhnya.

“Dimana tujuan kami disini adalah untuk menambah pengetahuan masyarakat dalam meningkakan ketrampilan dalam bidang pengolahan hasil ternak susu kambing etawa yang dapat menjadikan nilai tambah ekonomis bagi peternak susu” ujar Ketua KKN Kandang Tepus.

“Dengan adanya inovasi susu bubuk ini, kami berharap dapat membuka peluang pasar yang lebih luas. Susu bubuk memiliki daya simpan yang lebih lama, sehingga dapat didistribusikan ke berbagai daerah, bahkan ke luar daerah. “Imbuhnya.

Pihak pemerintah juga memberikan apresiasi tentang penemuan inovasi produk susu bubuk ini. “Adanya adik adik KKN dari Wiga ini dapat membantu menginovasi masyarakat kita untuk mengolah susu kambing etawa dan berpotensi untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa kandang tepus” Ujar [Umi Sunarwati] Salah satu Perangkat desa Kandang Tepus

Proses pembuatan susu bubuk kambing etawa ini melibatkan beberapa tahap, mulai dari pasteurisasi, pengeringan, hingga pengemasan. Dengan inovasi ini, diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah produk susu kambing etawa, sehingga dapat memberikan keuntungan yang lebih besar bagi para peternak.

Selain itu, inovasi ini juga berpotensi menciptakan lapangan kerja baru, baik dalam proses produksi susu bubuk dalam skala besar maupun dalam produksi rumahan. Hal ini akan memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat Desa Kandang Tepus.(D.S)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *