Opini

Tim PPK Ormawa Universitas Malikussaleh Kembali Gelar Pelatihan Konservasi Penyu & Terumbu Karang

4
×

Tim PPK Ormawa Universitas Malikussaleh Kembali Gelar Pelatihan Konservasi Penyu & Terumbu Karang

Sebarkan artikel ini
Tim PPK Ormawa Universitas Malikussaleh Kembali Gelar Pelatihan Konservasi Penyu & Terumbu Karang

Lhokseumawe – kabarnusa24.com.

Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa [PPK Ormawa] Unit Kegiatan Mahasiswa Turtle Diving Club [UKM TDC] Universitas Malikussaleh, kembali menggelar pelatihan konservasi penyu & terumbu karang di Desa Pante Paku, Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen, Sabtu (03/08/2024).

Serangkaian kegiatan ini turut dihadiri oleh Juanda Abdullah S.E Sekretaris camat Jangka, Saiful Adhar S.Si. M.P pembina UKM TDC, Sayed Murtadha, S.Pd., M.Pd Koordinator kemahasiswaan Universitas Malikussaleh, dan Muharzimi selaku Geuchik gampong Pante Paku.

Acara dimulai dengan materi yang dibawa oleh Al-Muhajir S.Pi sebagai pemateri terkait konservasi terumbu karang, kemudian dilanjutkan oleh Yudho Andika S.Kel M.Si selaku pemateri terkait konservasi penyu.

Sekretaris camat Juanda Abdullah S.E dalam kata sambutan nya, mengatakan ia sangat bangga melihat progres yang ada di lapangan.

“Saya sangat bangga melihat rekan-rekan dari mahasiswa sangat antusias dalam melaksanakan kegiatan di gampong ini, saya berharap rekan-rekan dari Unimal mampu membimbing anggota yang masuk dalam program Pokdarwis ini sehingga kedepan nya mereka mampu untuk menjalankan serta mengelola program yang sudah di gagas dari tim PPK Ormawa.”

Lebih lanjutnya, ia mengatakan bahwa “kegiatan ini tidak boleh hanya berpangku tangan pada tim PPK Ormawa, masyarakat juga harus saling bersinergi, karena kesuksesan program ini sangat tergantung dari kemauan masyarakat itu sendiri. Tim PPK Ormawa hanya membina dan mengarahkan, selebihnya kembali lagi pada kemauan masyarakat gampong. Tapi saya sangat yakin bahwa masyarakat sangat inisiatif terhadap program yang di gagas, karena pada akhirnya benefit nya juga dirasakan oleh masyarakat di gampong ini.” Tutupnya.

Dosen pembimbing PPK Ormawa, Erlangga S.Pi. M.Si juga mengatakan “harapan kami pelatihan konservasi penyu & terumbu karang ini mampu memberikan gambaran terkait pemahaman program kami yang nantinya akan menjadi objek wisata di gampong ini. Kami juga telah berkolaborasi dengan dinas terkait yang ada di kabupaten Bireuen, serta media penyiaran dengan tujuan untuk mempromosikan wisata di gampong Pante Paku”. Jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *