Supaya Hujan Reda dan Berhenti Baca Do’a ini

Supaya Hujan Reda dan Berhenti Baca Do'a ini

Supaya Hujan Reda dan Berhenti Baca Do’a ini

Kabarnusa24.com, Menghentikan hujan atau mengalihkannya ke tempat yang lain pernah dilakukan Rasulullah SAW semasa hidupnya, Untuk itu Rasulullah SAW mengajarkan do’a memohon hujan supaya reda dan cepat berhenti.

Do’a supaya hujan reda disebutkan dalam Kitab Al-Adzkar karya Imam Nawawi, yang dinukil dari hadits riwayat Anas bin Malik, ia berkata: “Ada seseorang masuk ke dalam masjid pada hari Jumat, sementara Rasulullah SAW sedang berdiri hendak berkhutbah.

Dia (orang itu) mengatakan, ‘Wahai Rasulullah, harta benda telah hancur, tanaman-tanaman telah rusak, berdo’a-lah kepada Allah SWT agar menurunkan hujan kepada kami.’

Kemudian Rasul SAW mengangkat kedua tangannya dan berdo’a, ‘Ya Allah, turunkanlah hujan kepada kami, turunkan hujan kepada kami, turunkanlah hujan kepada kami.’

Anas bin Malik berkata, “Demi Allah, aku tidak melihat sedikit pun awan di langit, sementara antara kami dan Bukit Sila’ dan rumah kami tidak ada satu pun rumah atau bangunan. Dari belakang beliau tiba-tiba muncul awan seperti perisai. Kemudian setelah awan menjadi gelap menutupi langit dan turunlah hujan. Demi Allah, setelah itu seminggu lamanya kami tidak melihat matahari.”

Anas melanjutkan, “Kemudian pada seminggu setelahnya orang (yang sama) tersebut masuk lewat pintu yang sama, sedangkan Rasulullah SAW akan berkhutbah. Dia menghadap beliau dengan berdiri dan mengatakan, ‘Wahai Rasulullah, harta benda telah hancur dan tanaman telah menjadi rusak, berdo’a-lah kepada Allah SWT supaya menghentikan hujannya.’

Maka Rasul SAW mengangkat kedua tangannya dan berdoa, ‘Ya Allah, turunkanlah hujan kepada kami, bukan hujan di sekitar kami. Ya Allah, turunkanlah hujan di tanah yang gersang, lahan tandus, dasar lembah, dan tempat tumbuhnya pepohonan.’ Hujan pun reda, kami pulang dan berjalan di bawah sinar matahari.” (HR Bukhari & Muslim)

Doa agar Hujan Berhenti dan Langit Cerah

Nabi SAW mengajarkan do’a memohon hujan reda dan langit cerah pada hadits di atas. Berikut do’a agar hujan reda dalam bacaan Arab dan artinya sebagaimana dimaksud dalam hadits tersebut yang dikutip dari sumber buku yang sama :

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا، اَللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابَةِ الشَّجَرِ

Artinya: “Ya Allah, turunkanlah hujan kepada kami, bukan hujan di sekitar kami. Ya Allah turunkanlah hujan di atas tanah yang gersang, lahan tandus, dasar lembah, dan tempat tumbuhnya pepohonan.” (HR Bukhari dan Muslim, dari Anas bin Malik)

Doa saat Hujan Turun

Selain itu, selama hujan masih turun hendaknya muslim juga membaca do’a yang dianjurkan oleh Rasul SAW. Melansir kitab Al-Adzkar, berikut doa ketika hujan turun :

اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

Artinya: “Ya Allah, semoga menjadi hujan yang bermanfaat.” (HR Bukhari, dari Aisyah)

Doa setelah Hujan Berhenti dan Reda

Jika hujan sudah reda, ada baiknya bagi kaum muslim untuk membaca do’a pula. Ini do’a setelah hujan yang dilansir dari buku Keutamaan Doa dan Dzikir Untuk Hidup Bahagia Sejahtera susunan M. Khalilurrahman Al-Mahfani :

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللهِ وَرَحْمَتِةِ

Artinya: “Dicurahkannya hujan ini kepada kami atas karunia dan rahmat Allah.” (HR Bukhari, dari Zaid bin Khalid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *