Rohis Batang Tingkatkan Kualitas Organisasi Lewat Latihan Kepemimpinan dan Reorganisasi

Rohis Batang Tingkatkan Kualitas Organisasi Lewat Latihan Kepemimpinan dan Reorganisasi

KABARNUSA24.COM, BATANG – Rohani Islam (Rohis) Kabupaten Batang telah mengambil langkah progresif dengan menggelar kegiatan yang menggabungkan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) dan proses Reorganisasi di aula manasik haji Pondok Pesantren Slamat Sri, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang pada Rabu (28/2/24).

Sebanyak 95 peserta LDK yang berasal dari SMA/SMK se-Kabupaten Batang turut serta dalam kegiatan ini. Mereka telah diberikan bimbingan intensif dalam berbagai aspek, seperti kepemimpinan, manajemen organisasi, komunikasi efektif, serta pengembangan diri sesuai dengan prinsip-prinsip Islami. Selain itu, peserta juga dilibatkan dalam sesi wawancara untuk mengevaluasi minat, bakat, dan kesediaan mereka untuk berperan sebagai pengurus.

Ketua ROHIS Batang Vania Puti Maharani menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kepemimpinan dan meningkatkan kualitas pengurus Rohis di tingkat Kabupaten Batang.

“Kami ingin memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang kepemimpinan dalam konteks Islam serta memperkenalkan kembali struktur organisasi Rohis kepada seluruh peserta,” ujarnya.

Rohis Batang Tingkatkan Kualitas Organisasi Lewat Latihan Kepemimpinan dan Reorganisasi

Sementara itu Kepala Kantor Kementrian Agama Batang Ahmad Farkhan melalui Kasi PAI Siti Mahmudah menekankan pentingnya prinsip manajemen organisasi dalam memimpin atau mengelola sebuah organisasi.

“Adapun dalam memimpin atau mengelola organisasi harus mempunyai prinsip manajemen organisasi, diantaranya ada Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling. Sehingga nantinya anak-anak rohis ini dapat dibekali ilmu manajemen organisasi agar ketua yang terpilih nantinya mampu menjalankan roda organisasi,” paparnya.

Disisi lain, Pembina ROHIS Batang Nurul Hikmah mengungkapkan peserta LDK Rohis sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut, terutama pada sesi diskusi. Banyak peserta yang memberikan tanggapan dan bahkan bertanya terhadap materi yang disampaikan, khususnya tentang Islam Rahmatan lil Alamin.

“Dalam kegiatan LDK Rohis ini, ternyata ada beberapa peserta dari SMA dan SMK tertentu yang belum mengenal apa itu Rohis sebagai pengurus. Kemarin, Mbak Vania (Ketua Rohis) menjelaskan secara detail mengenai kerohisan. Secara umum, peserta sangat senang dan antusias terhadap kegiatan ini,” ungkapnya.

Diharapkan, melalui upaya bersama dalam LDK dan reorganisasi, Rohis Batang akan semakin kokoh dan mampu memberikan kontribusi yang lebih besar dalam mengembangkan potensi anggotanya serta memperkuat nilai-nilai keislaman dalam masyarakat.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *