SMA Negeri 1 Sukosari Panen Juara

SMA Negeri 1 Sukosari Panen Juara

Bondowoso, – kabarnusa24.com.

Tiga siswa SMAN 1 Sukosari Bondowoso lolos di ajang seleksi Olimpiade Sains Nasional ( OSN) tingkat kabupaten. Pemenang tersebut adalah Anastasia Gea (Astronomi), Rara Absari (Kebumian),Cahya Binuril A (Geografi). Selanjutnya ketiga murid tersebut akan mewakili Bondowoso ditingkat provinsi Jatim pada 6 sd 8 Mei 2024.

SMA Negeri 1 Sukosari Panen Juara

Saat diwawancarai, Luqman Fariq, S. Pd Kepala Sekolah SMAN 1 Sukosari menyampaikan rasa syukurnya dengan mengatakan bahwa lolosnya ketiga muridnya tersebut tidak lepas dari kesungguhan guru guru yang telah mendampingi para siswa dalam mempersiapkan ajang lomba tersebut. “Semula para guru pesimis melatih sendiri murid muridnya dan bermaksud mencarikan tentor dengan mengirimnya intensif di kota seperti peserta dari sekolah lain, namun karena jarak dan biaya para guru bertekad mendampingi sendiri.” Katanya.

Seperti diketahui ajang OSN adalah ajang paling prestise sekolah dalam mengukur kualitas akademik sekolahnya. Sehingga sekolah sekolah melakukan berbagai cara agar muridnya dapat lolos dalam Olympiade nasional tersebut.

Sementara itu koordinator tim pendamping peserta , Ayu ketika diwawancarai tentang trik yang dilakukan sehingga bisa meloloskan 3 muridnya di ajang OSN, mengatakan tidak ada trik khusus. “. Seperti biasa menyiapkan soal soal dan dikerjakan bersama. Memotivasi para peserta untuk rajin mencari bahan bahan dari media sosial dan yang paling penting adalah berdoa, ” Katanya.

Sementara itu salah satu murid yang menjadi juara 1 bidang lomba kebumian Rara Absari mengatakan dia sama sekali tidak menduga bakal lolos dalam ajang tersebut dikarenakan para pesaingnya siswa siswa kota dari sekolah yang lebih besar.

Sementara Anastasia Gea yang menjadi juara satu astronomi mengatakan dia sangat percaya diri lolos karena soal yang dikerjakan tidak jauh berbeda dengan yang diajarkan gurunya di kelas dan dalam training.

Cahya Binuril mengaku sangat senang bahwa belajarnya tidak sia sia walaupun sekolahnya jauh dari kota dan menyulitkan untuk mendapatkan materi tambahan, tetapi para gurunya sudah cukup memberikan materi dan motivasi tidak lupa ketiganya berterimakasih kepada para guru pembimbingnya.

 

Dengan keberhasilan ini, mereka berharap pengalaman ini bisa memotivasi teman-teman yang lain walaupun disekolah desa, jika sungguh sungguh dan bisa memanfaatkan jaringan informasi,sebenarnya tidak ada batasan geografis itu, katanya

“awalnya kami bertiga tidak menyangka akan lolos. Tetapi mengingat soal soal yang kami kerjakan sepertinya banyak yang sudah diajarkan, ya optimislah” ungkap Gea.

 

Ketika ditanya persiapan menghadapi seleksi propinsi ketiganya belum tau, Mereka mengatakan akan menunggu informasi dari bapak ibu guru. Sementara itu Bapak Luqman menyampaikan akan bermusyawarah dengan komite sekolah dan walimurid yang bersangkutan mengenai langkah selanjutnya karena perjalanan seleksi tersebut memerlukan dana dan tenaga yang relatif besar.

Jadwal Pelaksanaan OSN SMA 2024

• OSN Tingkat Sekolah (OSN-S): Pekan ke-4 Januari 2024

• OSN Tingkat Kabupaten (OSN-K): 25-27 Maret 2024

• OSN Tingkat Provinsi: 6-8 Mei 2024

• OSN Tingkat Nasional (OSN-N): 26 Agustus-1 September 2024

 

Diketahui Olimpiade Sains Nasional (OSN) adalah sebuah ajang talenta di bidang Sains yang diselenggarakan Kementrian Pendidikan,Kebudayaan dan Riset untuk peserta didik SD/MI/Sederajat, SMP/MTs/Sederajat, dan SMA/MA/Sederajat. Ajang OSN diselenggarakan secara bertingkat mulai dari daerah hingga nasional, untuk menjaring peserta terbaik dari 38 provinsi. Mekanisme bertingkat tersebut merupakan salah satu cara untuk memberikan kesempatan yang sama dan adil bagi peserta didik di seluruh Indonesia untuk berprestasi dan menjadi bibit-bibit talenta potensial.

Ada berbagai mata pelajaran yang diperlombakan di OSN. Misalnya ada 9 mata pelajaran sains untuk tingkat Sekolah Menengah Atas sendiri, yaitu Kimia, Biologi, Fisika, Matematika, Inoformatika, Kebumian, Geografi, Ekonomi, dan Astronomi.(eko)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *