Tutup
BeritaNasionalPendidikanReligi

HSN 2024, Ketua MUI Ungkap Nilai-nilai Luhur Pesantren dan Santri

1
×

HSN 2024, Ketua MUI Ungkap Nilai-nilai Luhur Pesantren dan Santri

Sebarkan artikel ini
HSN 2024, Ketua MUI Ungkap Nilai-nilai Luhur Pesantren dan Santri

JAKARTA, Kabarnusa24.com – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Seni Budaya dan Peradaban Islam KH Jeje Zaenudin mengungkap nilai-nilai luhur pesantren dan santri.

Hal ini disampaikan oleh Kiai Jeje dalam Hari Santri Nasional (HSN) 2024 yang mengangkat tema: Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan. HSN ini diperingati setiap 22 Oktober.

Kiai Jeje mengungkapkan, nilai-nilai luhur dari pesantren dan santri adalah semangat kemandirian, ikhlas dalam berkurban, kesederhanaan, dan kerendahan hati.

“Selain itu akhlak mulia dalam mendahulukan kepentingan dan kemaslahatan umat dan bangsa dari kepentingan diri sendiri,” kata Kiai Jeje Kepada Media, Selasa (22/10/2024).

Ketua Umum PP Persis ini menekankan, nilai-nilai tersebut harus selalu dijaga dan dipelihara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Lebih lanjut, Kiai Jeje mengingatkan, HSN sejatinya merefleksikan pengakuan dan apresiasi negara Indonesia atas peran, kontribusi, dan jasa serta pengorbanan kaum santri.

“Dalam perjuangan melawan penjajahan dan mempertahankannya dari upaya penjajahan kembali bangsa asing,” jelasnya.

Selain itu, Kiai Jeje mengingatkan, sudah sepatutnya santri saat ini memaknai dan mengisi HSN dengan berbagai kegiatan yang menyimbolkan semangat perjuangan santri.

“(Terutama) dalam mengawal dan mengisi kemerdekaan agar senantiasa berada dalam garis spirit dan cita-cita kemerdekaan itu sendiri,” katanya.

Sumber: MUI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *