Hasil Pencermatan DPS, Panwaslucam Tlogosari Temukan Indikasi Data Pemilih Ganda 

Hasil Pencermatan DPS, Panwaslucam Tlogosari Temukan Indikasi Data Pemilih Ganda 

Bondowoso – kabarnusa24.com.

Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) Tlogosari,  Kabupaten Bondowoso, menemukan adanya  indikasi  data pemilih ganda berdasarkan hasil pencermatan Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang telah ditetapkan  pada 12 April 2023.

 

Ketua Panwaslucam Tlogosari, Sofil Mubarot, mengatakan indikasi data ganda tersebut diperoleh dari hasil penelusuran atau pencermatan  yang dilakukan oleh Panwaslu Kecamatan serta Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) yang tersebar di 10 Desa se-Kecamatan Tlogosari.

 

“Atas temuan indikasi yang identik dengan data ganda itu, kami Panwaslucam memberikan saran perbaikan kepada PPK” ujar Sofil, Rabu (3/5/2023).

 

Atas temuannya tersebut, pihaknya berharap PPK dan PPS segera melakukan kroscek ulang data-data warga yang ada di DPS untuk diperbaiki.

 

“Masyarakat juga berhak menanggapi DPS yang sudah diumumkan oleh PPS,  jadi silahkan memberikan tanggapan dan masukan barangkali ada keluarga, tetangga yang belum masuk di DPS, bisa datang langung ke Kantor Panwaslucam Tlogosari” ucapnya.

 

Sementara itu, ketua PPK Tlogosari ,Lukman Erfan, menyatakan bahwa adanya temuan indikasi data ganda oleh Panwaslucam seperti nama pemilih, umir dan alamat yang sama, pihaknya mengaku langsung menindaklanjuti.

 

“Kami koordinasikan dengan PPS se-Kecamatan Tlogosari kemudian langsung menindaklanjuti temuan tersebut, memperbaiki data yang identik ganda dan lain sebagainya” kata Lukman.

 

Temuan Panwaslucam, kata Lukman, akan dijadikan dasar perbaikan dalam penyusunan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP).

 

“DPS ini kan belum final, masih ada tahapan DPSHP. Tentu temuan Panwascam serta tanggapan dari masyarakat akan kami akomodir dalam tahapan DPSHP berikutnya. Kami apresiasi kepada Panwascam Tlogosari yang ikut serta mencermati DPS dan memberi masukan. Kami langsung tindaklanjuti”pungkasnya.

 

(AR).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *