Bisnis  

Tujuh Ide Penghasilan Untuk Anak Muda

Tujuh Ide Penghasilan Untuk Anak Muda
Sumber Foto : Ilustrasi dari Freepik

Kabarnusa24.com Buat yang bingung, terutama untuk anak-anak muda. Gimana cara menghasilkan uang. Berikut terdapat beberapa tips yang dibagikan oleh Felicia Putri Tjiasaka di Channel YouTube nya yang bisa sekali dicoba.

Pertama, Ikut Lomba

Ini merupakan cara pertama untuk make money. Waktu SD Felicia pernah mengikuti lomba catur di porseni dan waktu itu menang hadiah nya 500 ribu. Selain itu ia juga pernah mengikuti beberapa lomba waktu SD seperti catur, pidato, voli dan Pramuka. Kebiasaan mengikuti lomba dari SD tersebut ternyata berlanjut sampai dewasa bahkan sampai sekarang. Bahkan 10 juta dan 100 juta pertamanya sebagian besar dari hadiah lomba.

Jadi bagi yang masih sekolah, bisa sekali untuk mengikuti lomba. Tidak harus lomba pelajaran, bisa juga seperti lomba sastra, olahraga, seni, dan juga lainnya.

Selain itu dengan mengikuti lomba juga terdapat beberapa manfaat yang akan didapatkan.  Pertama dengan ikut lomba selain mendapatkan uang. Bisa mengenal dengan banyak orang baru, hal tersebut memungkinkan kita untuk bertemu patner atau teman yang bisa saling bermanfaat di masa depan. Kedua sebagai pengalaman ataupun nilai tambah cv saat akan memasuki ke jenjang berikutnya. Ketiga, dengan ikut lomba dapat mempertajam skill yang dikemudian hari bisa menaikkan value atau nilai diri kita. Keempat bisa menjadi income tambahan yang lumayan, selain sebagai uang jajan atau beasiswa.

 

Kedua, Jualan Barang

Sampai saat ini pasti banyak yang bertanya-tanya harus jualan apa ya. Padahal saat muda, tidak perlu ide cemerlang atau passion untuk menghasilkan uang.

Saat SMA, Felicia jualan wall sticker yang penghasilannya sampai 5 juta. Kemudian saat kuliah, jualan pangsit dan buku akutansi. Ide jualan tersebut random dan tidak nyambung semua. Waktu jualan pangsit itu betul-betul harus datang pagi-pagi untuk mengambil pangsitnya ke ibu-ibu. Belinya seribu, kemudian dijual dua ribu dan sehari bisa jualan 30 pcs dan untuk keuntungan nya bisa untuk makan sekitar dua sampai tiga hari waktu itu. Apakah jadi reseller pangsit adalah passion Felicia, tentu saja tidak.

Terkadang, kita hanya perlu memulai dari yang super sederhana karena yang paling penting adalah proses memulai nya . Uang nya mungkin kecil, tetapi langkah awal yang pastinya akan membawa ke langkah selanjutnya.

Mengenai ide bisa datang dari dua hal, yaitu dari dalam dan juga dari luar. Kalau dari dalam hanya perlu dicari tau apa yang kita bisa dan apa yang kita sukai dan skill apa yang kita punya, itu semua bisa dijual. Kalau dari luar, cari tau apa yang orang butuhkan. Semisal ada masalah apa di sekitar kita. Seperti incase yang jualan pangsit, jadi temen-temen Felicia tuh kadang lapar waktu pagi-pagi atau saat break antar mata kuliah. Mereka mager untuk ke kantin. Jadi when there is a problem di situ juga ada opportunity to offer solution. Jadi suka lah dengan masalah dan jualan itu tidak perlu gengsi karena uang tidak akan datang dari gengsi dan malu.

 

Ketiga, Jualan Jasa

Untuk yang jago melukis, bisa bikin gifts dalam bentuk customized art untuk momen-momen penting. Yang suka fotografi bisa freelace photographer wedding saat weekend. Yang ambil kuliah sastra Indonesia atau satra inggris bisa buka jasa subtitle atau translate di berbagai platfom. Yang punya motor bisa coba jadi ojol. Gengsi, hmmm ingat uang itu tidak akan datang dari gengsi dan malu.

 

Keempat, Menulis

Waktu kuliah Felicia sempat kerja freelance untuk translate dan juga menulis artikel di dua platform yang dibayar 20 sampai 70 ribu per artikel. Seminggu Felicia bisa bikin empat sampai delapan artikel. Sebetulnya menulis ini mirip dengan jualan jasa tapi kalau dikembagin. Mungkin nanti bisa menulis scenario, menulis buku yang dibayar royalty atau menulis lagu.

 

Kelima, Kerja

Melamar pekerjaan dibebrapa perusahaan seperti toko, pabrik atau bisa dikatakan kerja dengan orang. Tidak ada yang salah dengan kerja sama orang. Akan tetapi apabila ada orang yang tidak mau kerja sama orang juga tidak apa apa, setiap orang pasti berbeda. yang salah dan tidak baik apabila menjatuhkan prefensi orang lain dan tidak mau open minded.

Waktu SMA, pekerjaan pertama Felicia yaitu menjaga toko kmputer. Memang random sekali waktu itu padahal sudah sering ikut lomba-lomba ekonomi. Barulah waktu kuliah tahun ke tiga, Felicia menerima pesan di Linkedin penawaran kerja di Sucor Sekuritas. Waktu itu sebenarnya Felicia masih kuliah, jadi waktu ada kelas biasanya jam 1 baru ke kantor di Jakarta. Kalau tidak ada kelas bangun pagi jam 4 untuk ngejar angkot 4.30 biar bisa naik bus jam 5. Biar sampai Jakarta jam 6 dan bisa nyampe ke kantor sebelum jam 7 pagi. Soalnya kalau di sekuritas masuknya lumayan pagi karena ngejar sebelum market buka jam 9. Walau penuh perjuangan untuk gajinya lumayan banget waktu itu. Dua bulan pertama gaji yang diterima 2.700.000 per bulan. Lalu naik jadi 4.500.000 waktu sudah bisa full time. Bulan ke tujuh naik ke 8.000.000 dan bulan ke 12 jadi 11.000.000. kenapa bisa naik, kuncinya ketemu bos dan juga mentor yang tepat. Itu kadang hoki-hokian, jadi ini merupakan keberuntungan dan juga privilege waktu awal kerja. Kedua kalau bisa kerjaan dan hal yang dilakuan atau pelajari dikampus sejalan. Jadi tidak memerlukan waktu lama untuk belajar lagi. Ketiga, kita harus menjadi penting dan susuh atau mahal untuk digantikan di tempat kerja.

 

Keenam, Bikin Konten

Dulu empat tahun yang lalu bikin konten video pertama di YouTube sama sekali tidak kepikiran bisa menghasilkan uang. Karena waktu itu simple, pengen menjawab pertanyaan dari teman-teman sekitar jadi dibikin video.

Malah hal yang tidak terduga ini menurut Felicia salah satu yang berkontribusi paling besar sampe sekarang. Seperti kata Steve Jobs “We can only connect the dots looking backwards” kita baru bisa ngerti alasan semua hal terjadi tuh, dengan melihat ke belakang

Jadi untuk teman- teman yang mau menempuh melewati jalur ngonten, bisa mulai saja dari apapun yang disukai, bisa, jago dan punya. Mungkin awalnya akan merasa tapi, yang sudah bahas di sosial media sudah banyak banget. Tapi tidak menutup kemungkinan kita bisa menemukan keunikan kita ditengah jalan dan kalau kita tidak memulai tidak akan pernah tau dan menemukan hal itu.

 

Ketujuh, satu skill yang dapat menjadi multiple incomes

Mulai saja terlebih dahulu satu skill, karena dengan satu skill bisa dikembangkan menjadi beragam jenis income. Misal jago Bahasa inggris. Pertama bisa mulai buka jasa translate artikel atau penulisan dari Indonesia ke Inggris atau sebaliknya. Kedua  bisa buka freelance untuk bikin subtitle juga. Ketiga bisa nulis pusisi, cerita, atau karya tulis apapun dalam Bahasa inggris. Bisa diirim ke Jakarta Pos, atau koran-koran Indonesia yang berbahasa Inggris. Keempat, bisa ikut lomba pidato dan story telling Bahasa Inggris. Kelima bisa bikin konten tentang Bahasa Inggris. Keenam bisa jadi translator di perusahaan.

Sumber : YouTube Felicia Putri Tjiasaka

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *