Cimplukan : Buah liar dengan sejuta manfaat

Cimplukan : Buah liar dengan sejuta manfaat
Sumber Foto : Ilustrasi Pinterest

Kabarnusa24.com Buah yang memiliki nama latin Physalis angulata atau yang kita kenal dengan cimplukan atau ceplukan dulu sering kita temui tumbuh liar di area persawahan, kebun dan pekarangan rumah. Cimplukan memiliki bentuk buah yang unik karena buahnya tumbuh tertutup di dalam kelopak bunga. Buahnya akan berwarna hijau ketika baru tumbuh dan berubah menjadi kuning saat sudah matang serta rasanya manis. Tidak banyak yang tahu bahwa ternyata buah mungil ini memiliki banyak manfaat. Buah ini kaya akan kandungan nutrisi dan juga memberikan manfaat untuk kesehatan. Kandungan nutrisi yang dimiliki buah cimplukan ini mulai dari air, protein, lemak, serat, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin C, vitamin K, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3 dan vitamin A.

 

Dilansir dari akun YouTube Saddam Ismail, dr Saddam menjelaskan manfaat dari buah cimplukan diantaranya :

  1. Melawan peradangan
    Buah cimplukan memiliki senyawa yang bernama withanolides, yang memiliki efek melawan peradangan penyebab penyakit radang usus.
  2. Mencegah kerusakan sel
    Buah cimplukan kaya akan kandungan antioksidan, sehingga dapat membantu mencegah kerusakan sel tubuh akibat paparan radikal bebas berlebih. Perlu diketahui bahwa paparan radikal bebas berlebih kerap dikaitkan dengan penuaan dini dan kanker.
  3. Meningkatkan kesehatan tulang
    Vitamin K yang ada pada buah cimplukan ini baik untuk kesehatan tulang dan juga kesehatan gigi.
  4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
    Buah cimplukan mampu membantu mengatur sistem kekebalan tubuh manusia. Khasiat ini berasal dari polifenol yang bekerja dengan menghalangi peradangan tubuh. Selain itu cimplukan juga merupakan sumber vitamin C yang baik.
  5. Menjaga kesehatan mata
    Buah cimplukan yang mengandung vitamin A dan vitamin C ini bisa membantu menjaga kesehatan mata, bisa mencegah penyakit yang dapat mengganggu kesehatan mata.
  6. Mengontrol kadar gula darah

Pada buah cimplukan terdapat senyawa yang dapat mengontrol kadar gula darah. Buah cimplikan memiliki indek glikemik yang rendah. Jika indek glikemik tinggi akan membuat kadar gula darah naik tiba-tiba, jika indek glikemik rendah tidak akan membuat kadar gula darah naik tiba-tiba.

Jadi sangat banyak sekali ya manfaat dari buah cimplukan. Walaupun buah cimplukan merupakan buah liar namun karena saat ini sudah jarang ditemui maka tidak ada salahnya kita semua untuk mencoba melestarikan buah cimplukan.

 

Sumber : YouTube Saddam Ismail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *