Apa itu Kuat Mental ?

Apa itu Kuat Mental ?
Sumber Foto : Ilustrasi dari Pinterest

Kabarnusa24.com  Seorang Psikolog Amy Morin bilang kita punya kekuatan mental, ketika kita tau bagaimana mengatur emosi, mengelola pikiran, dan mengambil langkah positif dan produktif. Terlepas dari keadaan kita. Menurut Morin mental yang kuat memiliki lima komponen penting yaitu

 

  1. Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri bahwa saudara akan baik-baik saja. Meski mengalami kegagalan.

 

  1. Ketangguhan

Inilah yang bisa membuat saudara kembali semagat ketika menghadapi tantangan atau kesulitan. Apakah itu di dunia kerja atau ranah pribadi.

 

  1. Ketekunan

Kemauan untuk terus maju meski sesuatu terasa sulit dilakukan atau dijalankan. Menurut Marissa ini termasuk bentuk keras kepala yang positif.

 

  1. Kesadaran diri

Penting bagi kita untuk mengenali diri, kekuatan, kelemahan, pikiran, keyakinan, kebiasaan, dan bagaiman semua ini berdampak pada kualitas hidup

 

  1. Disiplin diri

Seberapa tahan terhadap godaan dan seberapa mampu menunda kepuasan.

Jangan keliru, memiliki mental kuat bukan berarti menekan perasaan habis-habisan demi terlihat kuat dari luar. Memiliki mental kuat ketika mampu menyadari emosi sehingga bisa mengatasi perasaan tidak nyaman dengan cara yang tidak merugikan diri sendiri.

 

Contoh ia yang bermental kuat, bukan ia yang mengatakan gagal bukan pilihan melainkan ia yang berpikir gagal itu bisa terjadi tapi saya cukup kuat menghadapinya ketika itu terjadi.

 

 

Terdapat beberapa cara untuk mengembangkan kekuatan mental seperti

  1. Mengubah cara berpikir
  2. Mengadopsi kebiasaan yang membangun
  3. Dan menghadirkan lingkungan atau situasi yang akan membantu memperkuat mental

 

Menurut teori Evolusi, perasaan khawatir itu ada agar kita bisa bertahan hidup lebih lama. Namun selalu berpikir negatif sama saja dengan menyiksa diri terus menerus maka itu Morin menyarankan untuk membingkai ulang pikiran negatif menjadi pikiran realistis dan rasional.

Misalnya yang tadi berpikir aku pasti akan gagal udah pasti udah pastilah, ubahlah menjadi kalau aku berusaha keras, tekun. Aku akan meningkatkan peluangku untuk mencapai target atau tujuan. Ketika ia gagal pun, orang bermental kuat tidak akan buang waktu menggerutu atau menyalahkan orang atau kondisi sekitar. Ya Namanya manusia, ia mungkin akan mereasa sedih atau kecewa. Tapi setelahnya ia akan mencari penjelasan yang bisa membantunya berkembang agar bisa tampil lebih baik di kesempatan berikutnya.

 

Suara negatif menghantui itu biasa, namun ketika suara ini muncul dan menggangu, tantang suara ini. Buktikan suara ini keliru. Misal takut bicara di dengan banyak kolega, padahal memiliki sesuatu yang penting dan relevan yang ingin disampaikan. Biasanya mungkin merasa tidak cukup baik. Nah ketika rasa ragu ini datang, tantang diri dengan komit apabila akan bicara setidaknya dua kali dalam forum ini, persiapkan diri dengan seksama dan latih presentasi sebaik mungkin sebelum bicara.

 

Intinya ciptakan tantangan kecil setiap hari yang membuat sedikit tidak nyaman tapi sebetulnya sangat berguna bagi perkembangan kedepan. Lama-lama hal yang dulu terasa sulit tidak lagi menjadi sulit. Rasakan takutnya kemudian jalankan.

 

Kebiasaan seperti apa yang bisa membangun mental kuat yaitu sayangi diri dengan memberi asupan kaya nutrisi pada tubuh dan tidur tujuh hingga delapan jam sehari secara rutin. Tubuh yang cukup istirahat memudahkan untuk mengelola emosi dan berpikir jernih sehingga bisa mengambil langkah produktif ditengah krisis.

 

Selain itu untuk membangun mental kuat, perlu menciptakan pula kondisi lingkungan yang mendukung. Mengembangkan kekuatan mental butuh proses, dengan latihan konsiten dapat membangun kekuatan mental yang dibutuhkan. Untuk mencapai tujuan dan mejalani kehidupan yang memuaskan dan tenang.

Sumber : YouTube Greatmind

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *