Menyederhanakan Hidup

Menyederhanakan Hidup
Sumber Foto : Ilustrasi Pinterest

Kabarnusa24.com – Hidup sederhanya lebih terasa penuh berarti dibandingkan hidup dengan kemewahan. Dengan mengkonsumsi lebih sedikit, jadi lebih hemat ruang dan energi dan waktu sesuatu yang sangat berharga dalam hidup.

 

Tips menyederhanakan hidup ala Psikolog Amy Morin

 

  1. Rapikan Rumah Saudara

Lingkungan mempengaruhi perasaan secara fisik dan psikologis. Ruang yang bersih dan teratur berpengaruh positif bagi kondisi mental. Memudahkan untuk merasa lebih energik dan produktif. Bisa dicoba juga dengan menyumbangkan barang yang tidak dibutuhkan. Ringan rasanya ketika memiliki sedikit barang yang harus diurus.

 

  1. Singkirkan Kebiasaan Mental yang buruk

Contoh kebiasaan mental buruk seperti memikirkan masa lalu, menyesali terus menerus. Bersihkan kekacauan mental dan tidak perlu melibatkan diri dalam obrolan yang tidak perlu. Ganti dengan kebiasaan berfikir yang lebih sehat. Seperti rasa syukur, atau diskusi dengan diri sendiri secara realistis.

 

  1. Singkirkan orang – orang Beracun dalam hidup

Menetapkan batasan yang sehat itu penting. Belajar untuk mengatakan tidak dengan ramah namun arsetif. Pilah-pilih orang di sekitar kita. Jaga hubungan dengan mereka yang membuat kita maju dan selamat tinggal pada mereka yang membuat kita mundur. Ini memberi ruang bagi mereka yang benar-benar berarti dalam hidup.

 

  1. Atur Uang dengan bijak

Buat anggaran dan tetapkan tujuan pengeluaran yang jelas. Jadi tidak terjebak perilaku impulsif yang ujungnya hanya menghuni rumah dengan barang yang sebetulnya tidak diperlukan.

 

  1. Ambil Kendali atas Waktu saudara

Karena waktu adalah sumberdaya yang berharga. Tanpa sadar waktu kita sering habis dengan hal yang tidak penting. Friedrich Nitetzsche mengatakan manusia masuk dua kategori yaitu budak atau manusia bebas. Siapapun yang tidak punya 2/3 harinya untuk dirinya sendiri adalah budak. Bagaimana kita menjalankan hidup itu memang pilihan masing-masing tapi apa kata Nitetzsche ini ada benarnya, perlunya mingatkan diri belum tentu ada esok hari. Ini bisa membantu kita untuk disiplin menjadwalkan waktu untuk hal-hal yang penting dan menikmati momen hidup, bermain dengan anak, ngobrol dengan pasangan atau teman atau menikmati matahari terbenam.

 

Seorang filsuf berkata , tentu menyenangkan ketika jadi seseorang yang luar biasa bermandikan kemawahan dan ketenaran. Namun pada akhirnya pencapaian seseorang terbesar mungkin adalah menjadi orang yang waras dan bijak demi hidup yang lebih panjang dan damai. Memang betul ada kebahagiaan dalam kesederhanaan.

Sumber : YouTube Greatmind

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *