Kenapa Harus Baca Buku Tiap Hari?

Kenapa Harus Baca Buku Tiap Hari?
Sumber Foto : Ilustrasi Pinterest

Kabarnusa24.com Buku adalah jendela dunia. Wakil presiden pertama Indonesia Bung Hatta ditengah kesibukannya selalu meluangkan waktunya untuk membaca, beliau memiliki 30.000 koleksi buku. Namun sayangnya, berdasarkan survei dari Program for International Student Assessment (PISA), yang di rilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019. Saat ini Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki tingkat literasi terendah di dunia. Hal ini terbukti dari rendahnya minat baca masyarakat.
Ada jutaan manfaat yang dapat diperoleh dengan membaca buku. Dilansir dari YouTube Kreativv berikut beberapan manfaat yang didapat dari membaca buku :

  1. Meningkatkan Kecerdasan

Menurut penelitian dari University of Edinburgh dan King’s College London, jika seseorang terbiasa membaca sejak usia belia maka akan meningkatkan kecerdasan secara keseluruhan.

  1. Menambah Kemampuan Berbahasa

Beribu kosakata yang terdapat di dalam buku dapat membuat kemampuan berbahasa seseoraang semakin bertambah. Kemampuan berbahasa ini nantinya akan sangat dibutuhkan karena hampir 69% perusahaan akan mencari karyawan yang memiliki keterampilan bahasa yang baik.

  1. Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Tidak hanya tubuh saja yang memerlukan olahraga, namun otak kita juga sangat membutuhkan agar fungsinya dapat berjalan secara optimal. Menurut jurnal penelitian dari American Academy of Neurology, membaca terbukti mampu melatih daya ingat dan konsentrasi seseorang. Membaca buku secara rutin membuat otak terstimulasi untuk terbiasa mengelola pikiran dan memori.

  1. Dapat Mencegah Alzheimer

Alzheimer adalah penyakit yang sampai saat ini obatnya belum ditemukan, tetapi kabar baiknya alzheimer dapat dicegah dengan membaca buku. Menurut penelitian dari Rush University Medical Center, otak manusia sangat dipengaruhi oleh apa yang dikerjakan salah satunya membaca.

  1. Menumbuhkan Rasa Empati

Berdasarkan hasil penelitian dari The New School for Social Research, membaca buku terutama dengan bahasa fiksi dapat membantu untuk memahami segala emosi yang orang lain rasakan dan juga apa yang orang lain pikirkan.

  1. Mengurangi Stress

Sering stress karena berbagai tuntutan ternyata dapat diobati dengan membaca buku. Menurut penelitian dari University of Sussex ternyata membaca memiliki pengaruh yang signifikan dalam mengurangi stress. Level stress dapat berkurang sebanyak 68% dengan 6 menit membaca. Hal ini terjadi karena saat membaca seseorang diajak untuk berimajinasi dan ini yang dapat menghempas jauh si stres tersebut.

  1. Membuat Tidur Nyenyak

Menurut National Sleep Foundation membaca buku sebelum tidur dapat menenangkan tubuh dan pikiran. Hal ini yang membuat tidur seseorang jadi lebih nyenyak.

Sumber : YouTube Kreativv

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *