Mahasiswa KKN K17 Gelar Edukasi Pembuatan Pupuk Organik Bersama Masyarakat Ulee Madon

Mahasiswa KKN K17 Gelar Edukasi Pembuatan Pupuk Organik Bersama Masyarakat Ulee Madon

Aceh – kabarnusa24.com.

Mahasiswa KKN-PPM Kelompok 17 melakukan pelatihan pembuatan pupuk organik bersama petani Ulee Madon, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara (10/11/2023).

Edukasi pelatihan pembuatan pupuk dilakukan karena masyarakat Ulee Madon banyak yang bekerja di sektor pertanian. Pelatihan dilakukan agar masyarakat dapat membuat pupuk secara mandiri demi meminimalisir biaya pra panen.

Kegiatan ini juga dibantu oleh Bapak Rahmat (PJ Geucik) dan beberapa aparatur desa yang hadir. Pembuatan tersebut tidak membutuhkan waktu yang lama dan sangat mudah dipahami.

“Pembuatan pupuk ini diharapkan agar para petani dapat meminimalisir biaya untuk pupuk, pembuatan pupuk organik juga sangat mudah, bahan-bahan yang dibutuh juga mudah didapat”. Ulas Ary (Ketua Kelompok KKN)

“Alat-alat yang dibutuhkan seperti biasa kotoran sapi 6 karung, kotoran kambing 6 karung, sekam padi 2 karung, tanah humus, 5 karung, sekam kayu, 2 karung, dan abu sekam 2 karung. Untuk bahan pembantunya ada EM4 satu botol dan gula putih yang dilarutkan.”Tambah Rahmat (Pj geucik).

“Saya biasa lakukan ini di desa sebelah, biasa kami lakukan sebanyak 1 ton pupuk yang dihasilkan.” Tambah Bapak Rahmat.

Kegiatan juga dihadiri beberapa petani desa yang sangat antusias mengetahui proses pembuatan pupuk organik.

Harapan kita masyarakat dapat membuat pupuk secara mandiri di halaman rumah untuk keperluan tanaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *