KKN-PPM Universitas Malikussaleh kelompok 90, Sosialisasi Proker Cuci Tangan Sejak Dini di TK, RA-IDH – HAQ

KKN-PPM Universitas Malikussaleh kelompok 90, Sosialisasi Proker Cuci Tangan Sejak Dini di TK, RA-IDH - HAQ

Aceh – kabarnusa24.com.

KKN-PPM Universitas Malikussaleh kelompok 90 menjalankan proker sosialisasi cuci tangan sejak dini di TK RA-IDH- HAQ Blang Dalam Tunong, Kab Aceh Utara, Rabu (08/11/2023).

Kebersihan merupakan sebuah keniscayaan dalam kehidupan sehari-hari, dimulai dari kebersihan diri sendiri hingga kebersihan lingkungan. Kebersihan bisa mencerminkan kesehatan setiap manusia, lingkungan yang kotor tentu tidak akan membuat seseorang menjadi sehat dan berpotensi menjadi sakit dan menimbulkan penyakit yang akan juga mempengaruhi kelangsungan hidup seseorang.

KKN-PPM Universitas Malikussaleh kelompok 90, Sosialisasi Proker Cuci Tangan Sejak Dini di TK, RA-IDH - HAQ

Sosialisasi Cuci Tangan Pakai Sabun oleh KKN-PPM 90 Unimal kepada Kanak-kanak TK RA-IDH- HAQ dari Bidang Pendidikan. Sosialisasi ini dilakukan sebagai salah satu upaya dalam mengedukasi anak-anak dari usia dini tentang pentingnya mencuci tangan hingga bersih agar terhindar dari segala macam bakteri. Apalagi ditambah dengan fakta bahwa saat ini memang banyak sekali virus maupun bakteri yang dengan mudah menyebar melalui sentuhan, sehingga memang penting bagi anak-anak sedari kecil untuk dibiasakan untuk mencuci tangan pakai sabun hingga bersih.

Adapun manfaat dari sosialisasi cuci tangan pada anak usia dini yaitu untuk membentuk karakter anak dalam penerapan pola hidup sehat dan bersih dimanapun mereka berada, dan kegiatan edukasi inilah yang nantinya mampu membuat anak- anak menjadi terbiasa untuk melakukan kebiasaan cuci tangan dalam aktivitasnya sehari-hari. Karena, jika sejak kecil mereka sudah diajarkan perilaku hidup sehat dan bersih, maka anak-anak pun akan terhindar dari berbagai penyakit, tidak hanya COVID-19 yang kasusnya sekarang mampu menyerang anak-anak, bahkan adanya lonjakan yang cukup signifikan.

Kegiatan sosialisasi Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang didalamnya berisikan beberapa teori hingga praktik tentang cara melakukan cuci tangan yang baik dan benar memakai sabun dan air mengalir yang bersih. Melalui kegiatan sosialisasi inilah diharapkan anak-anak yang ada dapat memperoleh pengetahuan dan teknik cuci tangan yang
baik dan benar.

Selain itu juga sosialisasi ini diharapkan dapat menekan angka penyebaran penyakit pada anak usia dini seperti adanya penyakit diare dan cacingan yang diakibatkan oleh bakteri yang masuk kedalam tubuh ketika anak itu melakukan sesuatu yang kotor dan tidak mencuci tangan.

“Dengan adanya sosialisasi yang diadakan oleh kelompok 90 KKN-PPM gampong Blang Dalam Tunong, Kec. Nisam, Aceh Utara diharapkan setelah ini kanak-kanak TK RA-IDH- HAQ blang dalam tunong dapat menerapkan sejak dini” Tutupnya Novinta Sary selaku bidang pendidikan KKN-PPM Kelompok 90 Desa Blang Dalam Tunong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *