Akibat Luapan Sungai Temelat,Satlantas Polres PALI Alihkan Arus Lalulintas Ke Arah Kabupaten Musi Rawas

Akibat Luapan Sungai Temelat,Satlantas Polres PALI Alihkan Arus Lalulintas Ke Arah Kabupaten Musi Rawas

 

PALI – Sumatra Selatan , Kabarnusa24.Com

Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir merupakan salah satu wilayah yang berbatasan dengan berbagai Kabupaten,salah satunya dengan Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan.

Hal ini juga yang membuat para pengendara roda dua dan empat banyak memilih akses jalan melintas melalui Kabupaten PALI.

Namun dikarenakan intensitas hujan cukup lebat dalam beberapa hari ini,menyebabkan meluapnya Sungai Temelat Desa Ciptodadi Kecamatan Sukakarya diKabupaten Musi Rawas, sehingga menyebabkan kendaraan yang hendak menuju ke Kabupaten MURA maupun sebaliknya, tidak bisa melalui akses jalan tersebut.

Hal ini diungkapkan Kapolres PALI AKBP Khairu Nasrudin,S.I.K, M.H, melalui Kasat Lantas AKP Kukuh Fefrianto,S.H kepada awak media ini.

“Betul, hari ini kita mengadakan penutupan atau mengalihkan arus lalulintas menuju ke Kabupaten Musi Rawas,” buka Kapolres melalui Kasat Lantas, pada Rabu (10/01/2024) sekira pukul 09.00 Wib.

Langkah ini ambil, lanjut Kasat Lantas, dikarenakan setelah sebelumnya dirinya mendapat informasi dari Kapolsek BTS Ulu IPTU Jemmy Amin Gumayel, S.H., M.M.,bersama Kanit IK dan Personel yang Piket memberitahukan bahwa Sungai Temelat yang berada di Desa Ciptodadi Kecamatan Sukakarya Kabupaten Musi Rawas (Simpang tiga Sukakarya) saat ini sedang mengalami banjir,dengan ketinggian air ±180 cm dan tidak dapat dilalui oleh kendaraan.

*Tembusan :*
1. Wakapolres Musi Rawas.
2. Kabagops Polres Musi Rawas.
3. Kasatintelkam Polres Musi Rawas.
4. Kasatlantas Polres Musi Rawas.

Assalamualaikum.wr.wb,
Mohon Izin Komandan melaporkan dengan hormat kegiatan Polsek BTS ULU, sbb :

*I. PERIHAL :*
Penutupan dan Pengalihan arus lalu lintas di Kec. BTS Ulu Kab. Musi Rawas.

*II. FAKTA-FAKTA :*
1. Pada hari Rabu tanggal 10 Januari 2024, dimulai jam 08.00 WIB s.d selesai, Kapolsek BTS Ulu IPTU JEMMY AMIN GUMAYEL, S.H., M.M. bersama Kanit IK dan Personel Piket mendapatkan informasi dari warga bahwa di Sungai Temelat Desa Ciptodadi Kec. Sukakarya Kab. Musi Rawas (Simpang tiga Sukakarya) saat ini sedang mengalami banjir dengan ketinggian air ±180 cm dan tidak dapat dilalui oleh kendaraan bermotor.

Dan informasi tambahan,Polsek BTS Ulu lalu melaksanakan penutupan dan pengalihan arus lalu lintas di simpang 4 Kelurahan Bangun Jaya Kecamatan BTS Ulu dan menghimbau masyarakat yang akan melintas untuk menunggu perkembangan luapan air di Kelurahan Bangun Jaya atau dapat menggunakan jalur alternatif dari Simpang Kelurahan Bangun Jaya menuju ke Desa Pangkalan Tarum, lalu menuju Kecamatan Jayaloka dan Desa Lubuk Besar Kecamatan Tiang Pumpung Kepungut Kabupaten Musi Rawas,lalu melewati Jalan Lintas tengah Sumatera menuju ke Kota Lubuklinggau.

“Kemudian kita langsung mengambil langkah mengalihkan dan menutup arus lalulintas,membuat papan himbauan kepada para pengendara bahwa akses jalan menuju Lubuk Linggau untuk sementara ini ditutup,serta mensosialisasikan kondisi jalan dari Kabupaten Pali menuju Kabupaten Musi Rawas (Simpang Semambang) yang tidak dapat dilalui secara masif melalui berbagai media,”urai AKP Kukuh.

Upaya ini diambil oleh Satlantas Polres PALI dikarenakan agar pengguna jalan menuju ke Kabupaten Musi Rawas tidak terjebak luapan air Sungai.

“Karena informasi terakhir yang kita terima,saat ini didesa Ciptodadi Kecamatan Sukakarya,air sungai telah meluap dan masuk kerumah warga yang mengakibatkan Banjir di wilayah Kecamatan Sukakarya berbatasan dengan Kecamatan BTS Ulu,karena curah hujan yang tinggi dan menyebabkan debit aliran Sungai Musi meluap.”pungkasnya mengakhiri sesi wawancara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *