Antisipasi Kenakalan Remaja, Polsek Cibarusah Adakan Rakor Bersama Perwakilan Sekolah se-Kecamatan Cibarusah dan Bojongmangu

Antisipasi Kenakalan Remaja, Polsek Cibarusah Adakan Rakor Bersama Perwakilan Sekolah se-Kecamatan Cibarusah dan Bojongmangu

Bekasi_Jabar || KabarNusa24.com – Kapolsek Cibarusah, AKP Yendrizen, memimpin Rapat Koordinasi yang dihadiri Lembaga Pendidikan dari sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan Cibarusah dan Bojongmangu. Kegiatan Rapat Koordinasi dilakukan guna mencegah aksi kekerasan atau kenakalan di kalangan pelajar dan kegiatan tersebut dilaksanakan di aula Mapolsek Cibarusah. Rabu (06/03/2024).

Hadir dalam kesempatan tersebut Kanit Binmas Polsek Cibarusah, Iptu Rianto, Ketua Forum Sekolah Cibarusah dan Bojongmangu, Rudi Hartono, perwakilan sekolah-sekolah se-Kecamatan Cibarusah dan Bojongmangu.

”Belakangan ini kita mendapatkan informasi kurang menyenangkan terkait kenakalan dan kekerasan pelajar dan tentunya harus segera diantisipasi,” ujar Kapolsek Cibarusah, AKP Yendrizen.

Kenakalan remaja tentunya harus sama-sama diantisipasi dan dilakukan pembinaan walaupun sebelumnya sudah dilakukan. Para pemangku kepentingan di dunia pendidikan harus melakukan perbaikan dan pembenahan kenakalan pelajar ini dengan cara bersinergi dengan Kepolisian.

Kenakalan remaja sendiri ada dua penyebab, yakni delikuensi situasional atau perilaku menyimpang yang dilakukan oleh anak-anak yang banyak dipengaruhi oleh faktor ketakutan teman sebaya.dan delikuensi sistemik yaitu perilaku menyimpang yang telah disistematisir dalam suatu kelompok atau gang dan dibenarkan oleh segenap anggota kelompok atau gang tersebut.

“Semua itu berawal dari faktor eksternal antara lain lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, dan lingkungan sekolah.,” terangnya.

Kapolsek mengatakan, ada beberapa kasus kenakalan pelajar seperti tawuran yang bahkan dengan sengaja siaran langsung atau di posting di media sosial dan muncul di berbagai pemberitaan sehingga ini memprihatinkan.

“Para pembina siswa dan guru, mari sama-sama lakukan antisipasi, meskipun yakin sudah dilakukan guru mari perkuat lagi bersama Kepolisian,” jelasnya.

Menurutnya, antisipasi-antisipasi yang perlu dilakukan diantaranya dibentuk forum sekolah sebagai wadah informasi antara pihak sekolah dengan Polisi.

”Mari lakukan penguatan dan kolaborasi, mari tata anak didik kita, mohon untuk memberikan informasi sekecil apapun kepada kami, agar setiap ada masalah kita bisa lakukan antisipasi.” pungkasnya.(Wati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *