Daerah  

Bupati Bondowoso Panen Perdana Pisang Cavendis

Bupati Bondowoso Panen Perdana Pisang Cavendis

Bondowoso, – kabarnusa24.com.

Pj Bupati Bondowoso Bambang Sukwanto bersama pj Sekda Haeriyah dan kadis pertanian dan ketahanan pangan Ir Hendri Widitono melakukan panen pisang kemitraan petani milenial milik Rahmat Hidayat di Desa Tangsil Kulon bersama PT NSA, Selasa (7 Mei 2024).

 

“Saya berharap banyak tumbuh di kecamatan-kecamatan atau desa-desa lain di Bondowoso Rahmat – Rahmat baru petani melenial,”tegas Bambang Sukwanto.

Bupati Bondowoso Panen Perdana Pisang Cavendis

Bambang dalam acara A Beg Rembek menambahkan memang keluhan terjadi terkait ketersediaan pupuk dan air . Nantinya Pemkab Bondowoso akan mensupport kegiatan anak-anak muda kaum milenia dalam bertani.

 

” Saya berharap kaum milenial tidak hanya berharap dari pekerjaan yang rutin saja. Apalagi ladang di Bondowoso ini kan sebenarnya hampir 60%. Maka petani -petani millenial ini nantinya bisa jadi Pioneer untuk para milenial lainya sehingga juga tertarik untuk bertani,”harapnya.

 

PJ Bupati mengaku sangat terbuka untuk kaum milenial agar potensi bertumbuh kembang, kaum milenial untuk bertani .

 

“Sangat terbuka bahkan dipasarkan bukan hanya di Bondowoso tapi juga di luar kota dan sudah ada yang membeli,”tukasnya.

 

Ditempat yang sama Chuk Sunardi

Koordinator BPP Tangsil menyampaikan nantinya akan terus mengembangkan para petani yang memiliki lahan kritis namun air masih bisa masuk untuk bisa memiliki nilai yang lebih baik lagi secara ekonomis.

 

“Ada 0,5 hektar di barat jalan ada 0,3 kemudian tadi ada lahan kita yang daftarkan 0,250 hektar untuk pengembangan Pisang Cavendish,”paparnya.

 

Untuk diketahui bahwa setiap pohon tanam perdana 9-10 bulan sudah bisa panen dengan berat 50 kg untuk tanam ke dua panen 6 bulan bisa 60 kg lebih dengan harga diambil PT 30.000 per kg.

 

Selain panen pisang perdana kemitraan juga dilakukan panen pepaya California dan Thailand dalam program Tatik Cekatan (Tanam Petik Cabe,Pepaya).

 

Sementara itu Defit Agus Priayadi dari PT NSA mengatakan yang mengelola lahan pisang Cavendis di Tangsil Kulon adalah petani muda bernama Rahmat Hidayat SP. Kemitraan dengan kode BDWC0123. Dengan Sistem kemitraan Kontrak Grower yang dalam hal ini pendampingan dilakukan oleh PT. NSA sebagai pelaksana teknis Defit Agus Priyadi S.st dan Tim mulai dari hulu sampai proses pasca panen. kemudian untuk pasca panen yang sudah di Box diambil oleh pihak pemasaran dalam ini PT. SSN (Sewu Segar Nusantara). Semua berjalan dengan siatem dan profesionalitas.

Total Lahan Kemitraan untuk pengembangan pemberdayaan Petani 5,1 Hektar tersebar di desa Tangsil, Padasan dan Jebung Kidul dengan memanfaatkan lahan yg kurang produktif menjadi lahan produktif,

Untuk Lahan Demplot sebagai percontohan di desa maskuning kulon seluas 2,2 Hektar. Sementara itu, Dr Luh Putu dan Dr Dewi dari Universitas Jember terus melakukan bimbingan ke petani Cavendish Bondowoso. Juga, pihak UNEJ membawa mahasiswa pertanian untuk melakukan riset pisang Cavendis. (Eko)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *