Sinergi dengan Pemda, Program Profesi Guru PAI 2024 Tetap Berjalan

Sinergi dengan Pemda, Program Profesi Guru PAI 2024 Tetap Berjalan
Direktur PAI M Munir

BEKASI, Kabarnusa24.com — Direktur Pendidikan Agama Islam, sekaligus Sekretaris Panitia Nasional Pendidikan Profesi Guru (PPG) Kementerian Agama, M. Munir menyatakan bahwa Program PPG Pendidikan Agama Islam (PAI) 2024 tetap berjalan dengan skema biaya dari Pemerintah Daerah (Provinsi, Kabupaten/Kota).

Menurut Munir, Direktorat PAI sudah empat tahun menjalin sinergi dengan Pemerintah Daerah agar turut berkontribusi dalam peningkatan keprofesionalan guru PAI pada sekolah di daerahnya masing-masing.

“Kami dorong Pemda untuk berkontribusi dalam PPG. Selanjutnya, dengan koordinasi bersama antara Kementerian Agama dan Kepala Bidang PAI/PAKIS/Pendis, kita dorong Pemda untuk melakukan MoU dengan 48 Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) PTKIN,” ujar M. Munir saat memberikan laporan rencana pelaksanaan PPG PAI pada Rapat Koordinasi Panitia Nasional PPG Kementerian Agama di Bekasi, Rabu (29/5/2024).

Dengan berangkat dari Tujuh Peta Jalan Pendidikan Agama Islam Sekolah dan Perguruan Tinggi Umum (PTU), M. Munir menegaskan bahw Direktorat PAI memperioritaskan program peningkatan kompetensi guru PAI pada sekolah melalui PPG. Oleh sebab itu, Direktorat PAI membangun kemitraan dengan Pemerintah Daerah dalam usaha peningkatan profesionalisme guru melalui PPG. Kemitraan dengan Pemda ini sudah dilakukan dalam empat tahun terakhir.

“Tiap tahun, jumlah Pemerintah Daerah yang bersinergi dengan kita semakin bertambah. Kini ada 9 Provinsi, 142 Kabupaten/Kota yang telah membiayai PPG Guru PAI. Total peserta PPG yang dibiayai Pemda adalah 11.716 guru,” jelas M. Munir.

Lebih rinci lagi, M. Munir menyampaikan daftar enam besar provinsi dan enam besar kabupaten/kota yang membiayai guru PAI untuk PPG tahun ini:

1. Jawa Barat, 2.776 guru
2. Jawa Tengah, 2.200 guru
3. Sumatera Barat, 956 guru
4. Sulawesi Selatan, 837 guru
5. Jawa Timur, 589 guru
6 Aceh, 460 guru

Sedangkan enam besar kabupaten/kota yang membiayai guru PAI untuk PPG :
1. Kabupaten Blora, 499 guru
2. Kota Makassar, 450 guru
3. Kota Padang, 413 guru
4. Kabupaten Kerawang, 395 guru
5. Kabupaten Subang, 345 guru
6. Kabupaten Garut, 328 guru

Selain itu, M. Munir juga menegaskan PPG PAI akan diselenggarakan di akhir bulan Juni setelah penyusunan Petunjuk Teknis Pelaksanaan PPG Tahun 2024 ini selesai.

Dalam forum yang sama, Ketua Panitia Nasional PPG, Ahmad Zainul Hamdi, mengapresiasi usaha Direktorat PAI untuk bersinergi dengan Pemda dalam pembiayaan PPG. Menurut A Zainul Hamdi, apa yang dilakukan Direktorat PAI musti bisa dilakukan oleh direktorat-direktoral lain pengelola PPG.

Sumber: Kemenag RI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *