Daerah

Hasil Cek Secara Medis, Warga Bondowoso Banyak Derita Diabetes Melitus dan Hipertensi

2
×

Hasil Cek Secara Medis, Warga Bondowoso Banyak Derita Diabetes Melitus dan Hipertensi

Sebarkan artikel ini
Hasil Cek Secara Medis, Warga Bondowoso Banyak Derita Diabetes Melitus dan Hipertensi

Bondowoso – Kabarnusa24.com.

Masyarakat Bondowoso banyak yang menderita diabetes melitus dan hipertensi. Itu diketahui saat dilakukan pemeriksaan gula darah dan darah tinggi lewat program prolanis (program penanggulangan penyakit kronis) dari BPJS Kesehatan Bondowoso.

 

 

 

Sekitar dua puluh pasien diabetes melitus dan hipertensi datang ke tempat praktek dr wahono di Argo Wilis, Jumat (23/12).

 

 

 

Mereka melakukan cek up gula darah dan hipertensi ke petugas medis dari Laboratorium Safari Bondowoso yang sudah stand by di praktek dr Wahono.

 

 

 

“Dari dua puluh orang yang ikut pemeriksaan cek darah lengkap lewat program prolanis, diketahui mereka semua terkena diabetes melitus atau gula darah dan darah tinggi h ” ungkap dr Wahono.

 

 

 

Pemeriksaan cek darah lengkap secara gratis yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Bondowoso ini dilakukan dua kali selama setahun. “Yakni pada bulan Juni dan Desember, ” jelasnya.

 

 

 

Diharapkan dengan mengetahui kondisi gula darah dan hipertensi maka bisa segera diobati. “Agar pasien dalam kondisi gula darah terkontrol dan tekanan darah terkontrol, ” Katanya.

 

 

 

Selain itu, pasien gula darah harus rutin minum obat metformin atau glibenclemid. Dan harus rutin olahraga. “Minimal jalan kaki setiap hari selama setengah jam, ” lanjutnya.

 

 

 

Dari keterangan beberapa rumah sakit di Bondowoso, baik itu RSUD dr Koesnadi dan RS Bhayangkara Bondowoso banyak ditemukan pasien diabetes melitus dan hipertensi.

 

(eko/AR).

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *