Gaya Hidup

Strategi kumpulin Dana Darurat

1
×

Strategi kumpulin Dana Darurat

Sebarkan artikel ini
Strategi kumpulin Dana Darurat
Sumber Foto : Ilustrasi Pinterest

Kabarnusa24.com Dana darurat adalah keperluan darurat seperti di phk, laptop rusak, ban motor pecah, demam tinggi, sakit gigi, dan hal lain yang datang secara mendadak. Tentu penting bagi untuk menyiapkan dana darurat. Berikut terdapat tips cara menghitung dana darurat menurut Felicia Putri Tjiasaka

 

Pertama Pengeluaran Pokok Bulanan

Dikarenkan itu adalah biaya hidup yang wajib dikeluarkan, saat memiliki uang atau tidak dan hal tersebut harus diproteksi.

 

Kedua Jumlah Tangungan ( Orang yang bergantung untuk hidup dari penghasilan kita)

Jumlah tangunggan sangat berpengaruh, karena tangungan kita bergantung sekali dengan kita jadi apabila terjadi sesuatu misalnya sakit, butuh uang. Pasti kita akan membantu, karena mereka tangungan kita.

 

Tabel perhitungan dana darurat

Strategi kumpulin Dana Darurat

Apabila tidak memiliki tangungan berarti untuk dana darurat sama dengan 6 kali pengeluaran pokok bulanan.

 

Kenapa harus dikali 6 , dikali 9 . Awalnya sebelum pandemi 3 kali pengeluaran pokok bulanan. Artinya kita punya waktu tiga bulan untuk hidup dengan segala biayanya tanpa bekerja tanpa punya income in case di PHK. Yang artinya juga, kita punya waktu tiga bulan untuk cari kerjaan baru. Namun sejak pandemi pengalinya itu digandain jadi 6 kali untuk yang tidak punya tangungan. Karena sejak 2020 sampai sekarang lebih susah untuk cari kerjaan baru. Tapi sekarang mungkin butuh 6 bulan.

 

Simulasi dana darurat :

Arya, umur 25 tahun, income 10 juta per bulan. Dia tinggal bertiga dengan ibunya yang tidak bekerja dan adiknya yang sedang sekolah dan pengeluaran bulanan dia sebagai berikut.

Strategi kumpulin Dana Darurat

Analisa sederhananya pengeluaran pokok arya 6.150.000 . Dimana hangout dan investasi itu tidak termasuk pengeluaran pokok dan jumlah tangungan dua orang ( ibu yang tidak bekerja dan adik masih sekolah )

 

Jadi dana darurat yang arya butuhkan itu 12 x 6.150.000 = 73.800.000

 

Cara mengumpulkan dana darurat

Realokasi asset sekarang

Alokasi asset dana darurat : 50 % tabungan bank & 50% asset low risk ( reksadana pasar uang (RDPU) , Reksadana Obligasi Korporasi tertentu (RDPT), Deposito (Tanpa denda & dijamin LPS). Ada juga yang menyarankan Emas tapi ini beresiko harga turun. Ada juga yang menyarankan dollar, tapi dollar juga bisa turun. Akan tetapi dollar bagus untuk exposure ke luar negeri.

 

Berikut simulasi penghitungan dana darurat Arya

Strategi kumpulin Dana Darurat

Strategi kumpulin Dana Darurat

Strategi kumpulin Dana Darurat

Lakukan cara ini setiap bulan,  sampai uang di tabungan dan reksa dana pasar uang masing-masing mencapai 36.9 juta dan dana darurat arya resmi terkumpul. Begitu kurang lebih simulasi strategi mengumpulan dana darurat dari Felicia Putri Tjiasaka di akun YouTube nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *