Kesehatan

Tanaman Pengusir Nyamuk

3
×

Tanaman Pengusir Nyamuk

Sebarkan artikel ini
Tanaman Pengusir Nyamuk
Sumber Foto : Ilustrasi Pinterest

Kabarnusa24.com Nyamuk merupakan serangga yang dapat mengganggu kehidupan manusia. Selain mengganggu seperti menyebabkan gatal, nyamuk juga dapat mendatangkan penyakit bagi manusia (penyakit malaria atau demam berdarah). Cara yang sering digunakan untuk mengusir nyamuk yaitu dengan menggunakan bahan kimia atau lotion anti nyamuk.Selain itu juga dapat memanfaatkan tanaman tertentu yang mampu mengusir nyamuk. Mayoritas tumbuhan pengusir nyamuk sanggup menghindari datangnya nyamuk dengan memproduksi bau yang tidak disukai nyamuk. Tetapi bau ini kerap kali sangat lemah sehingga membutuhkan pengolahan atau perlakuan tertentu. Misalnya dengan cara menggosokan daunnya pada kulit atau mengeringkan daunnya saat sebelum digunakan. Terdapat juga cara lain yaitu dengan di suling minyak ataupun ekstraknya dan berbagai macam cara lain yang memiliki tingkat keefektifan yang lebih maksimal.

Dilansir dari YouTube Halo Edukasi, berikut tanaman pengusir nyamuk yang cukup efektif ditanam di pekarangan rumah, yaitu :

  1. Sereh atau serai

Tanaman serai adalah tanaman pengusir nyamuk yang banyak digunakan. Tanaman ini sering digunakan sebagai bahan alami dalam semprotan pengusir nyamuk komersial, lilin dan produk lainnya. Tanaman serai memiliki aroma khas yang segar dan menyenangkan bagi manusia. Namun tidak disukai oleh nyamuk. Bisa juga dengan meletakkan serai di dalam ruangan dengan secangkir air atau air dalam vas agar nyamuk semakin tidak mau masuk ke dalam rumah.

  1. Lavender

Bunga lavender berbentuk semak atau pohon kecil. Bunganya yang berwarna ungu ini bisa ditanam di ketinggian 500 – 1300 mdpl. Semakin tinggi posisinya, semakin tinggi pula kualitas minyak yang dihasilkan tanaman pengusir nyamuk ini. Lavender mengandung linalool dan linalyl acetate yang mampu mengusir keberadaan nyamuk. Maka dari itu lavender sering digunakan sebagai bahan dasar lotion anti nyamuk.

  1. Marigold

Tumbuhan ini merupakan tanaman tahunan yang mudah berkembang serta aromanya membatasi masuknya nyamuk. Ciri tanaman ini memiliki bunga orange terang dan indah. Menurut New York Botanical Garden aroma Marigold tidak hanya dapat mengusir nyamuk tetapi juga mencegah datangnya kutu daun thrips dan lalat putih.

  1. Kemangi

Kemangi memiliki aroma yang tidak disukai oleh nyamuk. Bagi nyamuk tumbuhan ini adalah toxic yang sangat mematikan, apalagi untuk jentik yang belum jadi nyamuk. Menanamnya di dekat genangan air akan lebih efisien karena jentik nyamuk biasanya bersarang di tempat yang lembab.

  1. Rosemary

Aroma dari tumbuhan ini tidak disukai oleh nyamuk. Menanam tanaman ini dapat memakai pot ataupun di tanah luas. Tanaman rosemary sangat sesuai di tanam di hawa panas serta kering namun untuk di wilayah dingin serta lembab rosemary dapat menggunakan pot agar hasilnya bagus.

  1. Geranium

Geranium memiliki aroma yang sangat menyengat mirip seperti serai sehingga nyamuk tidak suka mendekatinya. Aroma yang menyengat dalam tumbuhan ini juga tidak disukai oleh serangga lain. Geranium berkembang dengan lebih produktif di wilayah dengan hawa hangat, terang, serta kering. Tetapi tanaman ini juga bisa di tanam dihawa yang dingin dengan memakai pot.

 

Sumber : YouTube Halo Edukasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *