DaerahPendidikan

Adakan Pelatihan UMKM, Mahasiswa KKN-PPM K111 Unimal Kenalkan Banana Chips Dari Olahan Pisang

4
×

Adakan Pelatihan UMKM, Mahasiswa KKN-PPM K111 Unimal Kenalkan Banana Chips Dari Olahan Pisang

Sebarkan artikel ini
Adakan Pelatihan UMKM, Mahasiswa KKN-PPM K111 Unimal Kenalkan Banana Chips Dari Olahan Pisang

Aceh –  Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Malikussaleh Kelompok 111 bersama dengan Geuchik, Aparatur Gampong dan kaum ibu membuat olahan Pisang menjadi keripik pisang cokelat di Gampong Blang Karieng , Kecamatan Nisam, Kabupaten Aceh Utara, Kamis (13/11/2023).

Prayudi Nasution selaku ketua kelompok 111 mengatakan bahwa pembuatan keripik pisang Cokelat ini bertujuan untuk memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada di gampong dan sekaligus mendorong ide usaha produktif kuliner berbahan dasar buah pisang. Selain itu, pembuatan keripik ini pun membutuhkan bahan yang mudah dijumpai dan modal yang tidak terlalu besar.

“Saat ini UMKM sudah berkembang dengan baik dan dimanfaatkan sebagai peluang Usaha di Rumah Tangga, oleh karena itu diperlukan ide baru yang kreatif untuk bisa memperkenalkan Sebuah Produk agar berkembang lebih baik lagi, sehingga kami memperkenalkan keripik pisang cokelat sebagai salah satu ide usaha kuliner yang kami harap bisa mendorong semangat berwirausaha masyarakat terutama kaum perempuan”,ujar Prayudi.

Adapun Mahasiswa KKN K111 telah menyiapkan berbagai keperluan seperti logo yang didesain dengan nama Banana Chips, Dengan wadah yang nantinya siap diperkenalkan ke masyarakat gampong, bahan yang diperlukan dalam membuat keripik pisang coklat ini adalah pisang, cokelat batang, minyak goreng, dan garam. Sedangkan alat yang dibutuhkan diantaranya kompor gas, wajan, baskom, pisau, dan parutan.

Bapak geuchik Gampong Blang Karieng, Darmawan mengatakan bahwa pembuatan keripik pisang coklat yang dilakukan diharapkan nantinya akan membantu para ibu-ibu untuk membuka usaha sendiri serta dapat meningkatkan perekonomian keluarga.

“Keripik pisang cokelat ini bisa menjadi cemilan alternatif rumah tangga dan semoga bisa dimanfaatkan sebagai UMKM tambahan bagi kaum ibu di sini”,ujarnya.

Anggota KKN-PPM Unimal Kelompok 111 terdiri dari mahasiswa dari berbagai program studi di Universitas Malikussaleh dan mereka dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Muhammad Ikhwani, S.Pd.I., M.Sc. [Lfh]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *