Daerah  

Bakar Batu Kampung Dambet, Yonif R 303 Sambut Tahun Baru Dengan Warga

Bakar Batu Kampung Dambet, Yonif R 303 Sambut Tahun Baru Dengan Warga

Jakarta, 6 Januari 2023

 

Mengawali tahun baru 2023, Satgas Satuan Organik Yonif R 303 Kostrad gelar Tradisi bakar batu sebagai ucap Syukur Tahun baru 2023 serta wujud kedekatan TNI dan masyarakat di kampung Dambet, Distrik Ilaga Utara, Kabupaten Puncak. Papua. Selasa (03/01/2023).

Danpos Dambet Lettu Inf Adi N dalam kesempatannya mengatakan bahwa penyelenggaraan Acara Bakar Batu ini merupakan wujud kedekatan dan kebersamaan TNI dengan masyarakat di Kampung Dambet.

“Hari ini kita semua dari anak – anak, pemuda hingga tokoh agama dan tokoh adat dalam Pesta Bakar Batu ini berkumpul merupakan wujud kebersamaan dan kedekatan kami Personel Satgas. Selama ini kami dengan Masyarakat Kampung telah terjalin hubungan yang baik, pesta bakar batu ini menjadi salah satu wujud syukur kepada Tuhan. Sekaligus menyambut datangnya bulan Januari sebagai pertanda Tahun Baru, dengan membawa banyak harapan yang baru,” ungkap Danpos

Selain itu, Dirinya mengungkapkan bahwa kegiatan pesta bakar batu dapat terwujud karena hubungan komunikasi yang baik antar bapak Nemame Kiwak (48) selaku kepala suku Dambent bersama satgas. Terdapat empat ekor babi, enam ekor ayam, sayuran-sayuran, ubi dan petatas serta berbagai kebutuhan lainnya semua dibakar didalam tumpukan batu, kemudian dimakan bersama – sama.

“Tidak ada maksud lain dalam acara Bakar Batu ini, ini ucap syukur dan merupakan salah satu bentuk adat yang memiliki makna perayaan, dimana dalam hal ini acara bakar batu tersebut merayakan kebersamaan serta kepedulian antar TNI dengan seluruh elemen masyarakat mulai dari Tokoh-tokoh hingga seluruh masyarakat yang ada,” tambah Danpos.

Dirinya berharap setelah penyelenggaraan bakar batu kedekatan Satgas 303 dengan Masyarakat semakin erat, dimana Komunikasi antar seluruh masyarakat dengan Satgas TNI sangat berpengaruh dalam menjaga situasi keamanan yang ada khususnya di Kabupaten Puncak Papua tetap aman dan kondusif.

(Yuli)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *