Perbedaan Ayam Penyet, Ayam Geprek dan Ayam Gepuk

Perbedaan Ayam Penyet, Ayam Geprek dan Ayam Gepuk
Sumber Foto : Ilustrasi Pinterest

Kabarnusa24.com – Ayam goreng menjadi makanan favorit orang Indonesia. Ayam goreng mudah diperoleh diberbagai tempat makan atau dapat dimasak sendiri di rumah. Ada beberapa jenis ayam goreng yang dapat dipilih yaitu ayam penyet, ayam geprek dan ayam gepuk. Tapi tentunya banyak yang belum tau apa perbedaan dari tiga jenis ayam tersebut. Dilansir dari akun YouTube GridKids, berikut perbedaan antara ayam penyet, ayam geprek dan ayam gepuk :

  1. Ayam Penyet

Merupakan ayam ungkep bumbu kuning yang digoreng lalu dipenyet atau dipipihkan dengan perlahan lengkap dengan tambahan sambal. Bumbu ayam penyet terbilang kompleks dan terdiri dari beragam rempah seperti ketumbar, kemiri, kunyit, lengkuas, daun salam, bawang merah, dan bawang putih. Ayam dimasak dengan waktu lama dan api kecil agar bumbu meresap sempurna serta daging menjadi lembut. Makanan khas Jawa Timur ini menggunakan potongan ayam utuh seperti dada dan paha. Selain itu daging ayamnya dipenyet perlahan di atas cobek yang berisi sambal tomat, sambal terasi, sambal hijau, sambal korek atau sambal bawang.

  1. Ayam Geprek

Ayam geprek diolah dengan cara digoreng menggunakan balutan tepung renyah. Setelah itu ayam dipukul atau digeprek hingga hancur di atas cobek dengan sambalnya. Jadi empuknya ayam geprek mengandalkan kekuatan pengulek ayam. Selain itu ayam geprek dapat dimakan dengan aneka lauk lain seperti tahu, tempe, terong, telur, dan lalapan. Kadang penikmat ayam geprek juga dapat memesan tingkat kepedasan sambal sesuai selera. Selain sambal bawang, banyak gerai ayam geprek yang mengkreasikan jenis sambalnya. Ada yang menggunakan sambal matah atau sambal hijau dengan tambahan mozarella hingga saus telur asin.
Pembuat ayam geprek pertama di Indonesia yaitu ibu Ruminah dari Yogyakarta.

  1. Ayam Gepuk

Ayam gepuk bisa dibilang sebagai perpaduan antara ayam penyet dan ayam geprek. Ayam gepuk tidak menggunakan balutan tepung renyah dan untuk bumbunya ayam gepuk diungkep terlebih dahulu dengan bumbu kuning. Ayam ungkep ini lalu digoreng hingga kering, kemudian dipipihkan atau dipenyet lalu ditambah sambal. Tapi untuk ayam gepuk tidak sampai hancur seperti ayam geprek, hanya digepuk menggunakan ulekan hingga pipih. Ada beberapa perbedaan sambal pada ayam gepuk, karena beberapa penjual menambahkan kacang mede sangrai pada racikan sambalnya.

Sumber : Youtube GridKids

Respon (1)

  1. Tulisan milik saudara saya yang tidak dibayarkan fee nya sejak tahun lalu. Semoga diberikan hidayah untuk membayarkan hak orang. Aamiin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *