Kurikulum Merdeka, Rangking Kelas Ditiadakan pada Raport Semester Ganjil 2023 SDN SukaBungah 01 Bojongmangu

Kurikulum Merdeka, Rangking Kelas Ditiadakan pada Raport Semester Ganjil 2023 SDN SukaBungah 01 Bojongmangu
Pembagian Raport Semester ganjil Pelajar Kelas 2 SDN Sukabungah 01 Bojongmangu pada Rabu,20/12/2023. (Foto.Istimewa)

Sukabungah – Bojongmangu || Kabarnusa24.com

Kurikulum Merdeka adalah inovasi dalam pendidikan Indonesia untuk mengembangkan potensi dan minat belajar siswa. Kurikulum ini memberikan kebebasan kepada siswa dalam memilih minat belajar mereka, mengurangi beban akademik, dan mendorong kreativitas guru.

Metode pembelajaran ini bertujuan untuk menciptakan pendidikan yang menyenangkan bagi peserta didik dan guru, dengan menekankan pada pengembangan aspek keterampilan dan karakter sesuai nilai-nilai bangsa Indonesia.

Pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka juga disampaikan oleh Nanin Nurhadiyanti, S.pd, sebagai Walikelas (Walas) II A kepada para Walimurid sebelum penyerahan raport semester ganjil di ruang kelas II A SDN Sukabungah 01 Bojongmangu, Kabupaten Bekasi pada Rabu(20/12/2023) pagi.

Nanin Nurhadiyanti, S.Pd, mengatakan pada kurikulum merdeka ditiadakan penilain keterampilan. Pada penilaian raport tahun ajaran semester ganjil 2023 sekarang terbagi menjadi dua lembaran raport penilaian, yaitu Raport khusus penilaian Mata Pelajaran dan Projek Penguatan Profil pelajar penilaian sikap.

“Penilaian tentang sikap ini mengenai prilaku pelajar pada keseharian ketika berada disekolah salah satunya seperti menjaga kebersihan dengan membuang sampah tidak sembarangan tapi pada tempatnya. program pembelajaran kurikulum merdeka disekolah pada kali ini tidak terpaku hanya kenilai mata pelajaran saja, karena program pendidikan sekarang tidak hanya memperlihatkan peringkat kelas disekolah karena menyesuaikan dengan kurikulum merdeka. kalaupun ada rangking kelas itu merupakan bonus apresiasi Guru kepada siswa didiknya, jadi pada pembelajaran saat ini tidak terpaku hanya dengan nilai saja tapi juga mengedepankan perhatian sikap yang luar biasa.” Tuturnya

“Contoh dari bentuk perhatian sikap dapat dilihat adanya perubahan-perubahan ketika melaksanakan tugas sekolah, perubahan yang baik ini sudah mulai terlihat pada pelajar kelas 2, mudahan semua pelajar dikelas 2 juga sudah bisa mandiri dari berangkat sekolah tidak diantar, pada saat belajar, mau kekamar mandi juga sendiri sampai membaca dan menulispun bisa dengan sendiri jadinya ketika guru mengajarkan menjadi mudah saat menjelaskan mata pelajarannya. sebagai upaya mensiasati rasa bosan juga diselingi banyak belajar menggambar.” Pungkasnya

Nanin juga menambahkan, “Saya berpesan pada liburan sekolah bukan berarti libur belajar tapi harus tetap belajar dirumah, jangan sampai libur untuk banyak membaca dan mempelajari mata pelajaran yang sudah diajarkan pada semester ganjil. Sediakan juga untuk anak-anak buku-buku bacaan dirumah karena dikelas 2 ini siswa sudah dituntut banyak belajar membaca lanjutan, jadi musti banyak belajar terutama banyak membaca walaupun disekolah libur tapi ketika dirumah jangan berhenti untuk belajar. Pada semester ganjil dikelas 2 saat ini perlahan telah ditambahkan pelajaran perkalian agar kedepannya sudah siap untuk pelajaran hitungan.” Harapnya

Libur sekolah akhir semester ganjil dimulai setelah pembagian Raport semester ganjil sampai dengan awal tahun baru 08/01/2024, pergunakan waktu liburan sekolah dengan baik dengan tidak melupakan belajar dirumah.

 

(DB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *