Daerah  

Menhub: Puncak Arus Balik Nataru 2024 1-2 Januari

Menhub: Puncak Arus Balik Nataru 2024 1-2 Januari
Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) Majalengka, Jawa Barat, Sabtu (23/12/2023). Untuk mengurai kepadatan kendaraan pada puncak arus mudik Natal 2023, Korlantas Polri memberlakukan sistem lawan arah (Contra Flow) di jalan tol Cipali

JAKARTA – Kabarnusa24.com,

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan, puncak arus balik Nataru 2024 akan terjadi pada 1-2 Januari 2024. Menhub mengatakan, hal itu dikarenakan banyak yang sudah mudik.

“Kalau sebelum tahun baru mungkin tidak terlalu banyak, karena memang banyak yang sudah mudik. Tapi nanti di tanggal 1 dan 2 (Januari 2024) terjadi puncak (arus balik),” ujar Menhub dalam keterangannya, Senin (25/12/2023) pekan ini.

Karenanya, Menhub meminta penyedia layanan transportasi darat, laut, dan udara serta kereta api membuka penjualan tiket lebih awal. Semata-mata agar pelayanan kepada para calon penumpang berlangsung baik dan lancar.

Menhub juga menyampaikan, puncak arus mudik di hampir semua jalur terjadi pada 23-24 Desmber lalu. Terkecuali untuk jalur laut yang berlangsung lebih lama.

Menhub menuturkan, kepadatan di Pelabuhan Merak, Pelabuhan Ketapang, Tol Cipali, dan bandara Sokearno-Hatta terpantau lebih lengang. Pantauan ini tidak sama dengan prediksi Kementerian Perhubungan.

“Setelah kita melakukan pengamatan terhadap tempat-tempat kita identifikasi dengan kemacetan yang tinggi. Dan punya problem yaitu di Merak, Ketapang, Cipali, Soetta, ternyata semua berjalan baik,” kata Menhub.

Meski demikian, menurutnya ada titik krusial yang masih mengalami kepadatan lalu lintas, yaitu Tol Cikupa. Karenanya ia meminta pihak kepolisian dan operator jalan tol untuk terus berkoordinasi dalam mengatasi kepadatan di titik tersebut.

Sumber: RRI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *