Manfaatkan Pekarangan Rumah di Budidaya Sayuran Hidroponik Desa Lambangsari

Manfaatkan Pekarangan Rumah di Budidaya Sayuran Hidroponik Desa Lambangsari

Bekasi_Jabar || KabarNusa24.com – Demi mewujudkan ketahanan pangan desa, Pemerintah Desa (Pemdes) Lambangsari, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi menyulap pekarangan rumah menjadi sentra budidaya tanaman Hidroponik.

Tak disangka, upaya tersebut membuahkan hasil hingga mampu membangkitkan geliat ekonomi warga dan nilai ekonomis.

Dirintis sejak Juli 2023, hasil tanaman panen Hidroponik Lambangsari, kini banyak diminati kaum ibu-ibu.

Tidak hanya sebagai salah satu upaya mewujudkan ketahanan pangan warga, program ini juga telah menjadi salah satu tujuan alternatif edukasi warga dalam meningkatkan ekonomi.

Aparatur Desa Lambangsari Ela Nurlaela mengatakan, tanaman Hidroponik Pemdes Lambangsari mulai dimanfaatkan instansi untuk pengenalan dalam dunia pertanian dan pemahaman akan sayur-sayuran segar tanpa bahan kimiawi yang dapat dikonsumsi setiap hari untuk memenuhi kebutuhan asupan serat.

“Program Ketahanan pangan Hidroponik ini mulai berdiri pada bulan Juli 2023 silam. Dan alhamdulillah sekarang hasilnya sudah bisa dinikmati masyarakat. Kalau musim panen tiba, jadi lokasi edukasi emak-emak untuk memetik sayur-sayuran segar langsung dari tangkainya,” ujarnya. Jumat (29/12/2023)

Ela menegaskan bahwa saat ini pihak Pemdes Lambangsari terus melakukan berbagai trobosan, selain program ketahanan pangan Desa Lambangsari dengan membuat tanaman hidroponik, kini pihak desa juga telah fokus pada pengenalan kepada warga Desa Lambangsari.

“Saat ini kita menjual dan memperkenalkan produk hasil panen kita lewat medsos masing-masing,” terang Ela.

Ela mengungkapkan, ide awal hidroponik (bercocok tanam tanpa menggunakan tanah) itu bermula dari hobi ibu-ibu, agar ibu-ibu rumah tangga di Lambangsari memiliki kegiatan yang dapat membantu perekonomian keluarga.

“Jadi selain perangkat desa, juga ada ibu-ibu warga desa yang ikut membantu dalam kegiatan budidaya tanaman hidroponik ini. Berawal dari hobi lalu secara sukarela gabung. Dan sekarang sudah ada hasilnya, sehingga ibu-ibu juga dapat tambahan pendapatan dari hidroponik ini,” tuturnya.

Masih menurut Ela, pihak Pemdes Lambangsari tidak hanya melakukan budidaya tanaman Hidroponik. Saat ini saja Pemdes Lambangsari juga telah membudidayakan ikan dan Kambing.

“Adapun tanaman Hidroponik yang telah dikembangkan yakni Seledri, kangkung dan Pakcoy. Ketahanan pangan lainnya yakni budidaya ikan dan kambing.” tutup Ela.(Wati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *