Daerah  

BMKG Sebut Gempa Dangkal Terjadi di Sumedang

BMKG Sebut Gempa Dangkal Terjadi di Sumedang
Ilustrasi gempa Bumi

JAKARTA – Kabarnusa24.com,

Wilayah Sumedang, Jawa Barat tiga kali diguncang gempa hari ini, Minggu (31/12/2023). BMKG mengatakan, gempa pertama Magnitudo 4,8 di Sumedang akibat aktivitas sesar aktif di wilayah setempat.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal. Yaitu, akibat aktivitas sesar aktif wilayah setempat,” kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangan tertulis, Minggu (31/12/2023).

Daryono mengatakan, hingga pukul 20.55 WIB, BMKG mencatat sudah tiga kali gempa guncang wilayah Sumedang. Gempa Sumedang pertama M 4,1 pukul 14.35 WIB, gempa kedua Magnitudo 3,4 pukul 15.38 WIB.

“Dan gempa yang ketiga pukul 20.34 WIB dengan kekuatan M 4,8. Hingga pukul 20.55 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya tiga aktivitas gempa bumi yang dirasakan di wilayah ini,” kata Daryono.

“Lokasi gempa Magnitudo 4,8 di 6,85 Lintang Selatan (LS) dan 107,94 Bujur Timur (BT). Atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 2 Km Timur Laut Sumedang, pusat gempa di kedalaman 5 Km,” ujar dia.

Gempa tersebut dirasakan di wilayah Sumedang dengan Skala Intensitas III-IV MMI. Artinya, dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Kemudian turut dirasakan di Lembang dengan Skala Intensitas III MMI. Di Subang dan Kota Bandung dengan Skala Intensitas II-III MMI, di Garut dengan Skala Intensitas II MMI.

“Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan. Sebagai dampak gempa bumi tersebut,” katanya.

 

Sumber: RRI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *