Giat Karang Taruna Wibawamulya Sepanjang Tahun 2023

Giat Karang Taruna Wibawamulya Sepanjang Tahun 2023

Bekasi_Jabar || KabarNusa.com – Karang Taruna Desa Wibawamulya yang di nahkodai oleh Zaenal Abidin yang akrab di sapa Odon sepanjang tahun 2023, telah banyak menorehkan giat sosial yang bermanfaat khususnya bagi masyarakat Desa Wibawamulya, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi.

Tidak hanya kegiatan yang bersifat seremonial, akan tetapi lebih kepada penggalian potensi sehingga menciptakan pemberdayaan para pemuda.

Beberapa program kerja tersebut diantaranya:

1. Program bantuan kematian berupa air mineral sebanyak 6 bok.

2. Program bantuan pembangunan sarana Ibadah.

3. Program Ketahanan Pangan :

A. Budi daya pembenihan dan pembesaran Ikan Lele.

B. Budi Daya Pembesaran Domba.

4. Program Kegiatan Lomba Badminton.

Semua kegiatan tersebut menggunakan anggaran dari swadaya masyarakat dan bantuan dari pihak ketiga. Adapun pemanfaatan lahan Tanah Kas Desa (TKD) yang diwacanakan untuk jadi pusat Wirausaha kepemudaan oleh karang taruna Wibawamulya sampai dengan saat ini belum dapat direalisasikan.

“Kami baru akan melakukan lobi-lobi dengan Kepala Desa Wibawamulya untuk pemanfaatan Lahan Tanah Kas Desa yang diusulkan teman-teman agar menjadi lahan yang lebih produktif,” ujar Zenal Abidin,Ketua Karang Taruna Wibawamulya kepada Team Liputan IMG Rabu (05/01/2024).

Menurutnya, lahan Tanah Kas Desa seluas kurang lebih 9 hektare milik Desa Wibawamulya sudah lama kurang produktif, sehingga sangat disayangkan jika kita tidak bisa memanfaatkan lahan tersebut.

“Pemanfaatan lahan tanah kas desa nantinya akan kita jadikan pusat ketahanan pangan, dengan hamparan yang cukup luas insya Alloh kami dapat membantu program pemerintah dibidang ketahanan pangan dengan langkah-langkah yang sudah kami siapkan,” papar Zaenal.

“Dari yang sudah berjalan saja, budidaya ikan lele kami sudah mampu memasok 1/4 kebutuhan ikan lele varitas sangkuriang, di Wilayah Kecamatan Cibarusah,” tegasnya.

Kita ketahui bersama bahwa Karang Taruna adalah organisasi sosial kemasyarakatan sebagai wadah dan sarana pengembangan setiap anggota masyarakat yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa/kelurahan terutama bergerak dibidang usaha kesejahteraan sosial.

“Sesuai dengan fungsinya sebagai wadah dan sarana pengembangan setiap anggota masyarakat, saya berharap pemerintah desa dapat mendukung semua program-program kami di Desa Wibawamulya, untuk kemajuan usaha kesejahteraan sosial”, pungkasnya. (Wati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *