Daerah  

Terus Tekan Angka Stunting, Dinas Perikanan dan TP PKK PALI Luncurkan Giat Gemar ikan

Terus Tekan Angka Stunting, Dinas Perikanan dan TP PKK PALI Luncurkan Giat Gemar ikan

 

 

PALI, Kabarnusa24.Com
Dinas Perikanan dan TP PKK PALI menggelar Gerakan Masyarakat Makan Ikan (Gemarikan) dan lomba ragam makanan berbahan dasara ikan. Giat berlangsung di ballroom Nurtania Handayani Mulya Kecamatan Talang Ubi pada Kamis (07/03/24).

Giat ini merupakan bentuk upaya Pemerintah Kabupaten PALI dalam penanggulangan stunting di wilayahnya berdasarkan (Perpres) Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting dan telah menargetkan angka penurunan stunting nasional menjadi 14 persen pada 2024.

Diketahui penderita anak stunting di Kabupaten PALI menurun secara signifikan dari data tahun lalu di angka 14,6% telah mencapai target nasional, diketahui dari data penilaian tim pusat,

 

Kini Pemkab PALI akan menekan angka penurunan penderita anak resiko stunting pada tahun 2024 yang di targetkan menurun kisaran dibawah 11%.

“Untuk upaya pencegahan, resiko stunting pemkab Pali melalui dinas Perikanan akan memprogramkan kolam terpal beserta bibit ikan dan pakannya kepada beberapa Kepala keluarga (KK) yang telah terindikasi stunting sesuai data yang sudah ada dengan secara stimulan. agar mereka nantinya dalam jarak tiga bulan ke depan bisa panen ikan sendiri,karena protein dari daging ikan termasuk gizi yang dapat mencegah terjadinya risiko stunting,” terang Kepala Dinas Perikanan Ali Sadikin.

Masih sambung kadin,

“Dengan memberikan asupan gizi yang cukup kepada balita dan ibu hamil , dengan gizi seimbang seperti banyak konsumsi daging ikan yang mempunyai protein tinggi, dan juga pentingnya merencanakan kehamilan untuk memastikan kelahiran bayi yang sehat dan tidak mengalami stunting,” harapnya.

Salah satu langkahnya adalah dengan mengatur jarak antara kelahiran anak-anak. agar tidak terlalu dekat salah satu cara untuk mencegah stunting pada anak-anak, yang dapat dilakukan melalui program Keluarga Berencana (KB).

“Ini ibu hami harus dikawal mulai dari (sejak) masa kandungan mereka mengandung hingga kelahiran dan memberikan bantuan gizi seimbang, dapat juga menjadi langkah awal pencegahan resiko stunting, jelasnya staf ahli Bupati Kabupaten PALI, Drs Agen Eleidi,

Lanjutnya kata Agen Eledi ,

“Tim penggerak PKK kabupaten PALI kami libatkan untuk mengelola menu makanan berbahan dasar ikan supaya anak yang kurang suka makan ikan akan menjadi lebih suka dengan banyak ragam olahan makanan dari ikan ,karena ikan merupakan protein tinggi untuk anak-anak dimasa pertumbuhan,” tutupnya.

Kegiatan tersebut Dinas Perikanan melibatkan Ibu PKK seluruh kecamatan di kabupaten Pali membuat Lomba masak makanan olahan berbahan dasar dari ikan supaya olahan makanan berbahan dasar ikan bisa digemari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *