Daerah  

Pemkab Lampura Pantau Arus Balik Mudik Lebaran, Pemudik Dihimbau Utamakan Keselamatan

Pemkab Lampura Pantau Arus Balik Mudik Lebaran, Pemudik Dihimbau Utamakan Keselamatan

Lampung Utara – Kabarnusa24.com
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Utara (Lampura) kunjungi Pos Keamanan Lebaran Idul Fitri 1445 H. Di Polres Lampura yang berada di Kecamatan Bukit Kemuning guna memberikan dukungan moril pada anggota yang bertugas sekaligus memantau arus balik mudik lebaran,

Senin, (15/04/2024).

Tim perwakilan Pemkab Lampura dipimpin langsung oleh Kepala BPKAD Lampura, Mikael Saragih bersama jajaran lintas perangkat daerah selain memantau arus balik mudik lebaran, juga memberikan sejumlah bingkisan dan perlengkapan logistik bagi anggota Polri yang berjaga serta untuk para pemudik yang singgah di pos jaga.

Kepala BPKAD Lampura, Mikael Saragih mengatakan kegiatan serupa telah dilakukan beberapa waktu lalu sebelum lebaran yang dipimpin langsung oleh Pj Bupati Lampura, Aswarodi bersama anggota tim lainnya, kali ini giliran timnya yang mendapatkan tugas untuk pemantauan sekaligus meninjau puncak arus balik yang diprediksi terjadi hari ini.

“Ada sedikit Bingkisan atau oleh-oleh yang dibawa ke Pos Keamanan Lebaran hasil dari penghimpunan dana dari lintas perangkat daerah, dipersiapkan bagi para pemudik yang singgah untuk beristirahat sejenak selama berkendara dan untuk petugas (polisi) yang berjaga. Dari pantauan kita dilapangan, terlihat ramai lancar dan pemudik sangat tertib berkendara,” kata Saragih.

Meski puncak arus balik mudik lebaran tahun ini diprediksi terjadi hari ini, kata dia, namun Pos Keamanan Lebaran tahun ini tetap akan beroperasi hingga esok hari. Sebab, sambung dia, menurut informasi yang diperoleh dari petugas yang berjaga disana, suasana arus balik masih terlihat ramai dan dipadati pengendara yang melintas dari arah Lampung Barat, Way Kanan, dengan tujuan arah Bandar Lampung.

“Kalau kata personil yang berjaga tadi, pos akan tetap beroperasi sampai besok malam. Soalnya masih padat dan ramai pemudik yang akan pulang ke Pulau Jawa. Walaupun prediksinya hari ini adalah puncaknya, tapi diperkirakan sampai besok masih banyak pemudik yang lewat,” ujarnya.

Pihaknya mewakili Pemkab Lampura menghimbau kepada para pemudik, baik yang menggunakan kendaraan umum, maupun dengan kendaraan pribadi agar lebih berhati-hati selama berkendara. Para sopir kendaraan diminta untuk lebih memperhatikan keselamatan dengan mengecek rutin kendaraannya. Serta memperhatikan kesehatan, jika dirasa mulai lelah dan mengantuk disarankan agar singgah di rest area yang sudah dipersiapkan bagi para pemudik.

“Dihimbau kepada para pemudik untuk mengutamakan keselamatan selama mudik. Jangan kebut-kebutan, periksa dan cek mobil dan motornya secara rutin, kalau kira-kira lelah dan mengantuk saat mengemudi, lebih baik berhenti dan istirahat sejenak. Sudah dipersiapkan pos atau rest area untuk beristirahat selama mudik lebaran,” tandasnya.
(Diskominfo-Lu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *