Nasional

Sambangi Kemenkomarves, Batin Kepri Minta Kaji Ulang Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2023

9
×

Sambangi Kemenkomarves, Batin Kepri Minta Kaji Ulang Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2023

Sebarkan artikel ini
Sambangi Kemenkomarves, Batin Kepri Minta Kaji Ulang Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2023

Jakarta ,kabarnusa24.com – Perkumpulan Batin Kepri bersama pelaku usaha serta masyarakat pesisir melakukan Audensi bersama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia (KEMENKOMARVES). Selasa 25/07/2023

Audensi dilaksanakan di Gedung Deputi Bidang Koordinasi Sumberdaya maritim, Jl. MH Thamrin No.8, Jakarta Pusat, Senin 24 Juli 2023, Batin Kepri bersama para Pelaku usaha dan Masyarakat Pesisir Provinsi Kepulauan Riau disambut langsung oleh Mielyon E Datty (Koordinator Bidang Tata Kelola Penangkapan Ikan) dan Irfan Darmawan syah selaku (Koordinator Bidang Sarana Prasarana Penangkapan Ikan).

Dalam hal ini Said Afzaldy, selaku ketua Perkumpulan Batin Kepri, menyampaikan beberapa poin terkait sikap penolakan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2023 yang didasari oleh minimnya kajian ilmiah lapangan yang dilakukan oleh instansi Pemerintah terkait dan agak terlihat memaksakan.

‘Perlu adanya pengkajian ulang, peraturan pemerintah ini sangat bertolak belakang dengan kebiasaan masyarakat pesisir yang sudah turun temurun khususnya diwilayah Provinsi Kepulauan Riau. Kami menilai dengan adanya pembatasan wilayah tangkap itu juga akan melemahkan perekonomian masyarakat yang berdampak pada melemahnya Ketahanan Negara pada daerah perbatasan.’ucapnya’.

Sementara itu, Jeky Sutrisno selaku perwakilan pelaku usaha diwilayah Bintan menerangkan tetang minimnya sarana dan prasarana fasilitas penunjang plabuhan, TPI, dan kekurangan SDM petugas.

Menanggapi permasalahan ini, Mielyon E Datty sangat berterima kasih dengan informasi yang disampaikan dan akan mengupayakan untuk memberi masukan pada kementerian terkait agar lebih memperhatikan serta merespon cepat masukan dari masyarakat supaya tidak ada yang dirugikan.

Selain memberi masukan, kami juga akan memastikan secara langsung melalui Koordinator Bidang sarana prasarana penangkapan ikan untuk melihat kondisi lapangan tersebut. ( sukma )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *