Daerah

Sinergitas Korbrimob Polri, Tingkatkan Pelatihan Tenaga Medis Bentuk Kesiapan Hadapi Tugas Kedepan

2
×

Sinergitas Korbrimob Polri, Tingkatkan Pelatihan Tenaga Medis Bentuk Kesiapan Hadapi Tugas Kedepan

Sebarkan artikel ini
Sinergitas Korbrimob Polri, Tingkatkan Pelatihan Tenaga Medis Bentuk Kesiapan Hadapi Tugas Kedepan

 

Korps Brimob Polri menggelar upacara pembukaan pelatihanan (BT&CLS) Basic Trauma And Cardiac Life Support dan penutupan pelatihan terjun payung bertempat di lapangan Satlat Brimob Cikeas, Senin. (6/2).
Selaku Inspektur upacara Komandan Korps Brimob Polri Komjen Pol. Drs. Anang Revandoko. M.I.Kom menyampaikan, pelatihan ini merupakan salah satu pelatihan dasar dalam menangani masalah kegawat daruratan akibat trauma dan gangguan kardiovaskuler.
Lebih lanjut, pelatihan ini menjadi penting dimana tim medis Polri harus hadir di tengah masyarakat dalam memberikan perlindungan,pengayoman dan pelayanan. Adapun pelatihan ini bentuk Kerjasama Korps Brimob dengan Pusdokkes Polri, Lemdiklat Polri serta kementerian Kesehatan.
“Ini sesuai perintah Bapak Kapolri bagaimana tupoksi Polri dalam melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat. Ini trobosan luar biasa. Ketika masyarakat membutuhkan kesehatan, dokter Polisi dan medis, hadir,” tegas Dankorbrimob Polri
Menurut Dankorbrimob, sebagai negara yang berada di daerah rawan bencana, baik bencana akibat faktor alam, non alam dan juga akibat ulah manusia, kita sebagai institusi yang berperan memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, Polri turut serta dalam penanggulangan bencana.
Adapun pelatihan tersebut diikuti personel berlatar belakang perawat dari Korbrimob Polri, Satuan Brimob Polda, Lemdiklat dan Biddokkes Polda di seluruh Indonesia terhitung sebanyak 94 peserta yang akan mengikuti pelatihan selama kurang lebih tujuh hari.
Ia juga menuturkan, dalam kesempatan ini bersamaan dengan penutupan Latihan terjun payung yang diikuti sebanyak 49 personel dari Korbrimob Polri dan jajaran Satbrimob Polda.
“Terjun payung merupakan kemampuan pendukung dalam infiltrasi udara pada operasi tempur dan bantuan (SAR) pada daerah yang tidak bisa dijangkau tranportasi darat akibat bencana alam, ini modal kita dalam menjalankan tugas ”kata Dankorbrimob.
Pada kegiatan tersebut turut dihadiri langsung Kalemdiklat Polri, Kapusdokkes Polri, Kapus Krisis Kesehatan Kemenkes, serta para pejabat utam Mabes Polri serta para Danpas Brimob dan Pejabat Utama Korbrimob.

(Yuli)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *