Miliki Indahnya Hidup Bersama Alqur’an

Miliki Indahnya Hidup Bersama Alqur'an

 

Miliki Indahnya Hidup Bersama Alqur’an

Kabarnusa24.Com, Wahai Saudaraku yang mulia! Alquran adalah kalam Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Membaca Alquran memiliki keutamaan yang sangat besar dan sangat berpengaruh dalam menerangi hati.

Karena itu, hendaknya kita melazimkan diri untuk membaca Alquran setiap hari. Minimal satu juz dalam sehari, sehingga kita bisa mengkhotamkannya dalam waktu satu bulan.

Jika mampu, maka lebih baik mengkhotamkannya setiap tiga hari sekali. Karena membaca Al-Qur’an sangatlah besar pahalanya.

Rasulullah SAW bersabda,

أفضل عبادة أمتي قراءة القرآن

“Sebaik-baiknya ibadah umatku adalah membaca Alquran.”

اقرؤوا القرآن فإنه يأتي يوم القيامة شفيعا لأصحابه

“Bacalah Alquran, sesungguhnya kelak ia akan datang di hari kiamat menjadi syafa’at bagi pembacanya.”

Sayyidina Ali bin Abi Thalib berkata, “Barangsiapa yang membaca Alquran dalam keadaan berdiri di dalam sholat, maka dalam setiap huruf ia akan mendapatkan 100 kebaikan. Dan barangsiapa yang membacanya dalam keadaan duduk di dalam sholat, maka dalam setiap huruf ia akan mendapatkan 50 kebaikan. Barangsiapa yang membacanya di luar sholat dalam keadaan suci, maka dalam setiap huruf ia akan mendapatkan 25 kebaikan. Dan barangsiapa yang membacanya tidak dalam keadaan suci, maka dalam setiap huruf ia akan mendapatkan sepuluh kebaikan.”

Bagaimanakah adab di dalam membaca Alquran?

Al-Habib Abdullah bin Alwi al-Haddad berkata, “Jangan sampai keinginanmu membaca Alquran hanya sekedar memperbanyak bacaan saja tanpa perenungan (tadabbur) sedikitpun. Bacalah Alquran dengan penuh perenungan! Bacalah Alquran dengan tartil, hadirkanlah dalam hatimu keagungan Sang Pembicara, yaitu Allah SWT.”

Bayangkanlah dirimu berada di hadapan-Nya. Penuhilah hatimu akan keagungan-Nya tatkala engkau membaca ayat-ayat keesaan dan kekuasaan-Nya. Penuhilah hatimu akan harapan dan rasa takut tatkala membaca ayat-ayat yang berisi janji dan ancaman-Nya. Dan penuhilah hatimu dengan rasa syukur, penuh pengakuan atas kecerobohanmu. Mintalah ampun sambil bertekad untuk teguh beribadah, tatkala engkau membaca ayat-ayat yang berisi perintah dan larangan-Nya.

Ketahuilah! Sesungguhnya Alquran adalah samudra yang luas. Darinya terambil mutiara-mutiara ilmu.

“Barangsiapa di antara orang-orang mukmin yang terbuka baginya jalan untuk memahaminya, maka akan selalu terbuka baginya pemahaman-pemahaman. Semakin sempurna cahayanya, semakin luas ilmunya. Sehingga membuat si pembaca tidak akan bosan membacanya siang dan malam.”

Surat apa sajakah yang dianjurkan untuk dibaca setiap hari?

Di antaranya adalah QS. As-Sajadah, al-Mulk, al-Waqi’ah, dan dua ayat terakhir dari QS. Al-Baqarah. Hendaknya surat-surat ini dibaca setiap malam sebelum tidur.

Di malam Senin dan hari Jum’at, bacalah QS. Ad-Dukhon.

Di malam Jum’at dan hari Jum’at, bacalah QS. Al-Kahfi.

Dan jika mampu, bacalah 7 ayat Munjiyat setiap malam. Semua itu memiliki keutamaan yang sangat besar.

Di pagi dan sore hari, hendaknya kita membaca permulaan QS. Al-Hadid dan akhir QS. Al-Hasyr, al-Ikhlas, dan mu’awwidzatain masing-masing tiga kali.

Ketika hendak tidur, bacalah QS. Al-Ikhlas, mu’awwidzatain, ayat kursi dan QS. Al-Kafirun. Dan jadikanlah bacaan ini terakhir yang engkau ucapkan.

Sesungguhnya Allah SWT berkata benar dan Dia-lah yang memberi jalan petunjuk.

Itulah yang diajarkan oleh al-Imam al-Habib Abdullah bin Alwi al-Haddad, supaya kita senantiasa mengisi waktu-waktu kita dengan ibadah, dzikir dan wirid.

Sesibuk apapun kita, jangan pernah meninggalkannya. Jadikanlah Alquran sebagai bagian dari wirid harian kita supaya kelak di hari kiamat, kita mendapatkan syafa’at darinya.

 

Sumber : Terjemahan Kitab Risalah Muawanah (y-wa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *