Tema Debat Ketiga Capres-Cawapres Singgung Isu Geopolitik

Tema Debat Ketiga Capres-Cawapres Singgung Isu Geopolitik
Suasana debat perdana capres-cawapres Pilpres 2024, di Kantor KPU RI, Jakarta.

JAKARTA – Kabarnusa24.com,

Komisioner KPU RI August Mellaz mengatakan, tema debat ketiga capres-cawapres Pilpres 2024 terkait isu pertahanan, ketahanan, hingga geopolitik. Debat ketiga ini, dihadirkan KPU untuk tiga kandidat capres.

“Debat ketiga itu, capres dengan tema pertahanan, ketahanan, keaman, geopolitik dan juga hubungan luar negeri. Termasuk, kami bicarakan untuk debat ketiga kebetulan kan 4 sub tema,” kata Mellaz dalam keterangan persnya, Kamis (28/12/2023).

Dari 8 ke 4 sub tema debat ketiga untuk capres itu, Mellaz mengaku, KPU melakukan concise (meringkas). Dengan hal tersebut, KPU meyakini debat ketiga capres-cawapres dapat memperluas pembahasan.

“Kami concise sedemikian rupa, kalau ini kemingkinan kita bisa expand (perluas).  Misalnya apakah ditema di politik luar negerinya jadi dua pertanyaan, sehingga ketemunya nanti enam pertanyaan,” ucap Mellaz.

Kemudian, Mellaz mengungkapkan, KPU juga memastikan alur debat ketiga capres-cawapres sesuai dengan hal-hal yang disusun lembaganya. Soal format debat, KPU memastikan tidak mengalami perubahan.

“Kami merasa (format debat capres-cawapres) itu sudah optimal, itu yang memang posisi yang kalau dipengaturan UU Pemilu. Terkait dengan peran moderator, bagaimana fungsinya sebagai time keeper, penyampai pertanyaan itu sudah sesuai,” ujar Mellaz.

Sumber: RRI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *