Masyarakat Mengapresiasi Kinerja Polisi Situbondo Yang Telah Berhasil Tangkap Pelaku Curanmor

Masyarakat Mengapresiasi Kinerja Polisi Situbondo Yang Telah Berhasil Tangkap Pelaku Curanmor

Kabarnusa24.com || Situbondo – Anggota Satlantas Polres Situbondo bersama Polsek Banyuglugur berhasil menangkap terduga pelaku pencurian motor (curanmor) saat melintas di Jalan Raya Banyuglugur Kecamatan Banyuglugur Kabupaten Situbondo, Kamis siang (25/4/2024)

 

Kapolsek Banyuglugur AKP Efendi Nawawi, SH menerangkan berdasarkan keterangan korban, saksi dan tersangka terungkap bahwa kasus Curanmor tersebut terjadi pada Kamis tanggal 25 April 2024 sekitar jam 10.00 wib dengan tempat kejadian perkara (TKP) di Dusun Jambaran Desa Plalangan Kecamatan Sumbermalang.

 

Korban Mistaja (53) warga Sumbermalang menerangkan bahwa pada saat dirinya bekerja disawah, sepeda motor pada posisi diparkir ditepi jalan dan dikunci stir. Setelah beberapa lama korban baru mengetahui sepeda motor miliknya sudah tidak ada atau hilang.

 

Kemudian korban berusaha mencari dan memberitahu saksi Ahmad Rofiq untuk membantu mencari sepeda motor, saksi juga menghubungi Bripka Nikmatul Khair anggota Satlantas Polres Situbondo yang bertugas di Pos Banyuglugur agar apabila melihat sepeda motor Honda Scopy warna merah hitam Nopol N-2423-PC supaya dihentikan karena motor tersebut adalah hasil curian.

Masyarakat Mengapresiasi Kinerja Polisi Situbondo Yang Telah Berhasil Tangkap Pelaku Curanmor

Selanjutnya sekitar pukul 11.00 wib, petugas Pos Lantas Banyuglugur melihat sepeda motor dimaksud melintas di jalan raya Banyuglugur dan dengan cepat melakukan pengejaran bersama-sama anggota Polsek Banyuglugur. Kemudian pelaku berhasil dihentikan dan langsung diamankan ke Mapolsek Banyuglugur berikut sepeda motor yang dicuri pelaku.

 

“Anggota Pos Lantas Banyuglugur dan Polsek Banyuglugur berhasil mengamankan pelaku curanmor di jalan raya Banyuglugur, pelaku ES (30) warga Besuk Probolinggo berikut satu unit sepeda motor Honda Scopy warna merah hitam Nopol N-2423-PC. Saat ini pelaku berikut barang bukti berada di Maposek Banyuglugur” terang AKP Efendi Nawawi

 

Sementara itu, Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, S.H., S.I.K., M.H. memberikan apresiasi kepada anggota yang berhasil menangkap pelaku Curanmor.

 

Menurutnya keberhasilan menangkap pelaku Curanmor tersebut tidak lepas dari respon cepat dan kecermatan anggota Satlantas dan Polsek Banyuglugur saat melaksanakan tugas dilapangan.

 

“Setelah menerima informasi dari masyarakat ada kejadian curanmor, anggota dilapangan langsung memonitor lalu lintas kendaraan melakukan penghadangan dilokasi yang diprediksi pelaku akan membawa lari sepeda motor curian yakni kearah perbatasan Situbondo Probolinggo. Berkat kecermatan inilah anggota berhasil menangkap pelaku curanmor saat melintas di jalan raya Banyuglugur dan menyelamatkan motor milik masyarakat” terangnya.

 

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal 363 Ayat 1 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman penjara maksimal 5 tahun.

 

Kemudian pihak korban yakni Mistaja (53) warga Sumbermalang mengucapkan terima kasih kepada pihak Kepolisian, atas respon cepat Polisi menerima laporan masyarakat sehingga berhasil menangkap pelaku curanmor.

 

“Jadi terima kasih jajaran Polres Situbondo khususnya Satlantas dan Polsek Banyuglugur, pengungkapan kasus ini menandakan polisi mampu mengungkap kasus curanmor dengan cepat. Alhamdulillah sepeda motor saya bisa diselamatkan,” ungkapnya. “(HUSIN)”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *