DaerahPolitik

Antisipasi Kekeliruan Data Menuju Pemilu 2024, PPS Desa Wungkolo Gelar Rapat Pleno

2
×

Antisipasi Kekeliruan Data Menuju Pemilu 2024, PPS Desa Wungkolo Gelar Rapat Pleno

Sebarkan artikel ini
Antisipasi Kekeliruan Data Menuju Pemilu 2024, PPS Desa Wungkolo Gelar Rapat Pleno
PPS Desa Wungkolo Gelar Rapat Pleno
Antisipasi Kekeliruan Data Menuju Pemilu 2024, PPS Desa Wungkolo Gelar Rapat Pleno
PPS Desa Wungkolo Gelar Rapat Pleno

KONKEP-KABARNUSA24.COM – Pemilihan umum (Pemilu) 2024 sudah semakin dekat, sejumlah tahapan telah dilaksanakan oleh penyelenggara pemilu termasuk panitia pemungutan suara (PPS).

Apalagi PPS saat ini telah mulai menggelar rapat pleno terbuka dalam rangka rekapitulasi daftar perubahan pemilih hasil pemutakhiran (DPHP), termasuk PPS Desa Wungkolo,Kecamatan Wawonii Selatan, Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) bertempat di Sanggar Pelatihan Desa Wungkolo. Jumat (31/3).

Ketua PPS Desa Wungkolo, Kusnadin,S.Pd mengatakan, rapat pleno merupakan salah satu tahapan penyelenggaran Pemilu 2024 yang dilaksanakan secara terbuka untuk menghindari kekeliruan pada data pemilih.

“Kami melakukan secara terbuka yang sifatnya umum untuk diketahu, hal ini mngacu pada pedoman teknis yang sudah ditetapkan berdasarkan PKPU Nomor 7 Tahun 2022 dan Keputusan KPU Nomor 27 Tahun 2023,” Jelasnya, Sabtu (01/3).

Sebagai pimpinan sidang, ia mengatakan ada beberapa hal urgensi yang memang harus diumumkan dalam pleno tersebut, karena DPHP merupakan penyelesaian yang diarahkan untuk diketahui seluruh masyarakat.

Ia juga menyampaikan, terdapat sejumlah perbaikan daftar pemilih sesuai pemutakhiran data yang berbasis formulir model A-rekap perubahan pemilih.

“Jumlah TPS Desa Wungkolo itu cuma satu, kemudian berdasarkan hasil Pncoklikan yang kami lakukan, untuk pemilih aktif berjumlah 266 orang, yang terdiri dari pemilih baru 1 orang, pemilih tidak memenuhi syarat 12 orang, dan pemilih calon non E-KTP berjumlah 2 orang .” Terangnya.

Seluruh golongan pemilih daftar yang ia sebutkan itu dimuat dalam berita acara pleno dan diserahterimakan kepada peserta rapat.

Tempat sama, Sekertaris Desa Wungkolo, Anwar berterima kasih kepada penyelenggara pemilu dalam hal ini PPS Desa Wungkolo dengan integritas penuh masih melibatkan tanggapan serta masukan masyarakat dalam hal pencocokan data pemilih.

“Saya pribadi mewakili Pemerintah Desa Wungkolo tentunya mengapresiasi atas pleno yang digelar secara terbuka, karena melalui rapat-rapat seperti ini apabila ada warga kami yang belum masuk datanya kami bisa sampaikan langsung ke PPS.” Pungkas Anwar.

Rapat pleno terbuka tersebut dihadiri oleh beberapa perwakilan partai politik tingkat kelurahan, panwaslu Desa, Pantarli, petugas pemutakhiran pemilih data dan Kepala Desa Wungkolo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *