Kunjungan UKM REM FM UNNES ke RRI Semarang Kuatkan Koneksi dan Inovasi

Kunjungan UKM REM FM UNNES ke RRI Semarang Kuatkan Koneksi dan Inovasi
Dialog bersama (Dok. Satria)

Kabarnusa24.com, Kota Semarang – Dalam rangka mendalami pengetahuan mengenai penyiaran radio, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Radio Ekspresi Mahasiswa (REM) FM dari Universitas Negeri Semarang (UNNES mengadakan kunjungan istimewa ke LPP Radio Republik Indonesia (RRI) Semarang, Selasa (7/11/23).

Kunjungan ini melibatkan 21 mahasiswa dari Universitas Negeri Semarang (UNNES) dan bertujuan untuk memperkuat koneksi antara UKM REM FM UNNES dan RRI Semarang, sekaligus mendukung pendidikan dan pengembangan kemampuan di bidang kepenyiaran radio. Dengan semangat dan pengetahuan baru yang diperoleh selama kunjungan ini, UKM REM FM UNNES berkomitmen untuk terus berinovasi dan menjaga agar radio tetap menjadi media yang relevan dan menarik bagi masyarakat.

Ketua UKM REM FM Rakan menjelaskan, bahwa kegiatan ini untuk meningkatkan relasi antara REM FM UNNES dengan Radio Republik Indonesia (RRI) Semarang dan sekaligus meningkatkan pengetahuan mengenai penyiaran radio.

“Awalnya, kegiatan ini bermula dari undangan pihak RRI Semarang untuk kerja sama dalam siaran tapping dimana kami dapat berkontribusi dalam menyusun siaran mereka serta belajar langsung mengenai dunia kepenyiaran radio. Ini juga menjadi kesempatan untuk mempromosikan acara seminar broadcasting yang akan diadakan pada tanggal 18 November 2023 mendatang,” jelasnya.

Kunjungan UKM REM FM UNNES ke RRI Semarang Kuatkan Koneksi dan Inovasi

Dirinya juga menyoroti pengaruh globalisasi berimbas pada menurunya jumlah pendengar radio di kalangan masyarakat yang kini beralih ke visualisasi video.

“Sebagai generasi muda yang terlibat aktif dalam penyiaran radio, kita dihadapkan pada tantangan yang tak bisa diabaikan. Di era di mana media lebih menekankan visualisasi, kita harus memastikan bahwa radio tetap menjadi medium yang relevan dan menarik. Kami memiliki tanggung jawab untuk menjadi lebih kreatif dalam merancang konten radio yang mampu memikat minat pendengar. Kami perlu meningkatkan kreativitas dan inovasi agar radio terus menjadi bagian tak tergantikan dari kehidupan sehari-hari,” tuturnya.

Sementara itu salah satu anggota REM FM Sebastian mengatakan, bahwa dengan adanya kegiatan ini mampu mendorong minat masyarakat khususnya para pelajar agar mendaftar di Universitas Negeri Semarang dan bergabung dalam UKM REM FM.

“Dengan adanya UKM REM FM, kami berharap dapat memicu minat para pelajar untuk mendaftar di Universitas Negeri Semarang. Kami telah melihat minat dari beberapa pelajar dalam bidang kepenyiaran, dan kami ingin menjadi sumber inspirasi bagi mereka untuk mengejar passion mereka di dunia radio.” ujarnya. (Satria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *